Diduga Incar Motor Parkir, Dua Pemuda Ditangkap Polisi di Pringsewu

img
Aparat Polres Pringsewu mengamankan dua orang tersangka, diduga akan mencuri motor yang sedang parkir di kawasan Pasar Sumberagung, Kecamatan Ambarawa.

MOMENTUM, Pringsewu--Aparat Polres Pringsewu menangkap dua orang yang diduga akan mencuri motor di parkiran kawasan Pasar Sumberagung, Kecamatan Ambarawa.

Kedua terduga pencuri motor itu berinisial IF (20) dan RN (20) merupakan warga Kecamatan Pringsewu, dan kini diamankan di Mapolres Pringsewu guna penanganan lebih lanjut.

Kasat Reskrim Iptu Feabo Adigo Mayora Pranata menuturkan, dugaan aksi pencurian terjadi pada Sabtu (5-3-2022) sekira pukul 22.00 Wib.

Tersangka berjumlah empat orang dengan mengendarai dua unit motor. Mereka diduga berusaha menggasak motor Honda Vario Nomor Polisi F 4466 GJ, milik Hani Wibowo (21) yang sedang terparkir di halaman rumah rekannya.

"Kedua pelaku dengan mudah membobol kunci kontak motor korban bahkan sempat mendorongnya menjauh dari lokasi," kata Iptu Feabo Adigo Mayora Pranata pada Minggu (6-3).

Tetapi pelaku tidak bisa menghidupkan motor hasil curian. Apesnya aksi itu dipergoki warga sekitar.

"Mengetahui aksinya diketahui warga, tiga pelaku berhasil kabur sedangkan seorang pelaku berinisial IF diamankan warga berikut motor korban yang tidak sempat dibawa pelaku," ungkap dia.

Setelah menerima laporan warga, pihak kepolisian langsung diterjunkan ke TKP guna melakukan olah TKP dan pengembangan kasus.

Hasilnya, di sekitar TKP Polisi menemukan satu buah kunci leter-T yang digunakan para pelaku saat melakukan pencurian.

Tak hanya itu, berselang satu jam kemudian, petugas meringkus satu pelaku lain berinisial RN (20) yang juga warga Kecamatan Pringsewu.

"RN kami ringkus saat berada dirumahnya sekitar pukul 23.00 Wib. Selain RN Polisi juga mengamankan satu unit sepeda motor Beat BE 5253 IK, yang digunakan saat melakukan aksi pencurian," jelas Kasar Reskrim.

Guna proses hukum selanjutnya, kedua pelaku berikut barang bukti digelandang ke Mapolres Pringsewu.

"Saat ini kedua pelaku sedang dalam proses pemeriksaan intensif dari tim penyidik. Selain itu, tim khusus antibandit Satreskrim Pringsewu juga sedang memburu dua pelaku lainnya yang sudah diketahui identitasnya tersebut," imbuh Iptu Feabo.

Kapolres AKBP Rio Cahyowidi menambahkan, Polres Pringsewu mengapresiasi tindakan warga yang tidak main hakim sendiri saat mengamankan pelaku kriminalitas. 

“Saya mengapresiasi, bahwa sistem pencegahan kejahatan di wilayah hukum Kabupaten Pringsewu cukup baik. Ditandai dengan banyaknya pelaku tindak pidana yang diamankan oleh warga masyarakat,” ujarnya.

Kemudian, adanya peningkatan tren kasus pencurian bermotor terakhir ini, Kapolres mengimbau masyarakat, khususnya yang memiliki kendaraan lebih waspada saat parkir.

Rio menegaskan, aparat Kepolisian tidak tinggal diam dan sedang bekerja keras mengungkapnya.

“Beberapa waktu terakhir, memang secara statistik ada kenaikan tindak pidana curanmor di Kabupaten Pringsewu. Ini masih dalam penyelidikan dan pengembangan satreskrim Pringsewu, mudah-mudahan dalam waktu dekat kita bisa menangkap para pelaku curanmor tersebut,” tegas Kapolres Pringsewu.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos