Tetap Berkarya Meski Minim Dukungan Pemerintah, DAAL Wakili Lampung di Solo

img
Karya 'ILAIKA #4: Metatubuh'

MOMENTUM, Bandarlampung--Kelompok seni DianArza Arts Laboratory (DAAL) akan menjadi wakil Provinsi Lampung dalam perhelatan Hari Teater Dunia tahun 2022 yang dipusatkan di Kota Solo - Jawa Tengah. Kelompok ini tetap berkarya, meski minim dukungan dari pemerintah setempat.

Dian Anggraini selaku koreografer menjelaskan, kegiatan Hari Teater Dunia akan digelar mulai 22 hingga 26 Maret 2022 di Kota Solo-Jawa Tengah. Kegiatan juga akan diikuti oleh lebih dari tiga puluh kelompok seni yang ada di Indonesia.

Ditambahkannya, pada perhelatan ini DAAL akan membawakan karya bertajuk 'ILAIKA #4: Metatubuh' dan mengusung konsep danceteater yang bersifat eksperimentatif. Ia menjelaskan, 'ILAIKA #4: Metatubuh' merupakan karya pertunjukan yang bercerita tentang makna rindu yang bersifat universal dan diterjemahkan dalam bentuk kinestetik gerak yang dipadukan koreografi dramatik yang terpola.

"Karya 'ILAIKA #4: Metatubuh' ini untuk kali keempat dipentaskan. Sebelumnya sudah dipentaskan di Lampung, Jambi, dan Bandung secara hybrid. Untuk kali ini, DAAL melakukan penggalian metatubuh, pelampauan kerja-kerja tubuh subjektif dan eksperimentatif dari yang biasanya dilakukan sehari-hari," ujar perempuan asal Liwa, Kabupaten Lampung Barat ini.

Saat disinggung proses persiapan, alumnus ISI Yogyakarta menuturkan, secara teknis proses persiapan karya 'ILAIKA #4: Metatubuh' terbilang cukup singkat hanya sekitar dua bulan meskipun ia menegaskan bahwa dalam kurun waktu tersebut, latihan fisik dan pemanggungan secara intensif dilakukan hingga tengah malam.

"Ini semuanya demi menampilkan karya yang terbaik sekaligus menjaga nama baik Lampung di negeri orang. Saya akui, bahwa dalam kegiatan ini kami tidak ada bantuan sama sekali dari dinas atau instansi Lampung. Cukup sulit berkesenian di Lampung karena nyaris minim dukungan dari pemerintah tapi DAAL jalan terus," tegasnya menutup obrolan.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos