Pemkab Lamsel Ajak Umat Hindu Pelopori Kerukunan antar Umat Beragama

  • In Umum
  • 20 Mar 2022
  • Laporan Endri
  • 451 Views
img
Sekdakab Lamsel Thamrin menyampaikan sambutan acara Dharmasanti umat hindu kabupaten setempat

MOMENTUM, Kalianda--Kerukunan antar umat beragama menjadi faktor penting dalam menjaga situasi kondusif untuk kelancaran pelaksanaan program pembangunan.

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Thamrin saat menyampaikan sabutan acara Dharmasanti Tahun Baru Saka 1944/2022 Umat Hindu setempat. Acara beralngsung di Aula Sebuku kompleks Rumah Dinas Bupati Lamsel, Minggu (20-3-2022).

Dharmasanti merupakan rangkaian terakhir perayaan Hari Raya Nyepi bagi umat hindu. 

“Mari kita jadikan perayaan Dharmasanti ini sebagai momentum keheningan jiwa menciptakan suasana damai sebagaimana makan kata Shanti yang berarti kedamaian," kata Sekdakab Lamsel Thamrin mewakili Bupati Nanan Ermanto.

Dia melanjutkan, kedamaian dan kerukunan memiliki keterkaitan kuat. "Kedamain tentu akan melahirkan kerukunan yang berdampak pada terciptanya suasana kondusif. Umat hindu harus bisa menjadi pelopor terjaganya kerukunan umat bergama untuk menjaga situasi kondisf demi kelancaran program pembangunan, khususnya di Kabupaten Lampung Selatan," harapnya. 

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Lamsel Made Sugriwa pada kesempatan itu menyampaikan, perayaan Dharmasanti akan dilaksanakan pada 23 Maret yang dipusatkan di Desa Trimomurti Kecamatan Candipuro.    

Hal senada disampaikan Ketua Penyelenggara Hindu Kabupaten Lamsel Ida Bagus Sartika. Menurut dia, perayaan Dharmasanti merupakan ajang silaturahmi antar umat Hindu dan seluruh elemen masyarakat serta pemerintah daerah .

“Kami juga ingin menyampaikan. Rangkaian kegiatan Hari Raya Nyepi yang telah diselenggarakan antara lain: lomba pembacaan kitab suci agama hindu tingkat kecamatan hingga nasional. Untuk tingkat nasinoal, Lampung Selatan mendapat juara dua. Penghargaanya langsung diserahkan oleh Menteri Agama," ungkapnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos