Dorong Pemulihan Ekonomi, Dinas Koperasi dan UMKM Siapkan Program Pendampingan

img
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Samsurijal.

MOMENTUM, Bandarlampung--Guna mendukung pemulihan ekonomi, Dinas Koperasi dan UMKM Lampung menyiapkan program pendampingan dan pelatihan bagi pelaku usaha.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinai Lampung Samsurijal saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (22-3-2022).

Samsurijal mengatakan, koperasi dan UMKM didorong agar tetap melanjutkan usahanya guna mendukung pemulihan ekonomi.

"Kita mendorong agar koperasi dan UMKM itu tetap melanjutkan usahanya di tengah pandemi covid-19. Sehingga memberi kontribusi dalam pemulihan ekonomi," tuturnya.

Dia menjelaskan, program pertama yang disiapkan berupa peningkatan kapasitas SDM (sumberdaya manusia) melalui pendidikan dan pelatihan.

"Untuk melanjutkan usaganya kita dorong agar adanya peningkatan kapasitas SDM dan sarana prasarana. Agar ada peningkatan produktivitas produksi," tuturnya.

Selain itu, Dinas Koperasi dan UMKM juga memberikan pendampingan melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu. Khususnya pelaku usaha yang mengalami kesulitan.

"Kita berikan pendampingan terhadap UMKM yang mengalami kesulitan dalam melakukan usaha dan kegiatan produksi," sebutnya.

Dia menerangkan, Dinas Koperasi dan UMKM juga memfasilitasi bantuan pembiayaan bagi pelaku usaha yang menbutuhkan.

"Kalau koperasi kita dorong untuk mendapatkan LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir). Sedangkan UMKM kita dorong agar mendapatkan KUR," sebutnya.

Disinggung terkait bantuan uang tunai, dia mengatakan, Dinas Koperasi dan UMKM hanya memberikan bantuan berupa fasilitas. "Kalau bentuk uang tunai, tidak ada," ujarnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos