Pemerataan Pendidikan, Disdikbud Tinjau Pulau Tabuan

img
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Sulpakar saat meninjau Pulau Tabuan

MOMENTUM, Cukuhbalak--Kepala Dinas Pendidikan dam Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Sulpakar meninjau Pulau Tabuan di Kecamatan Cukuhbalak Tanggamus, Rabu (23-3-2022).

Peninjauan itu merupakan tindaklanjut dari program Gubernur Arinal Djunaidi yang berencana membangun satuan pendidikan di pulau terpencil.

Rencananya di Pulau Tabuan tersebut akan dibangun Unit Sekolah Baru (USB) SMA sederajat.

Sulpakar mengatakan, sebelum dilakukan pembangunan sekolah, maka berbagai hal perlu dipersiapkan. Terutama masalah lokasi atau lahan yang akan dibangun.

Dia melanjutkan, setelah melalui kajian tim dan dinilai layak, maka harapan masyarakat Pulau Tabuan Cukuh Balak memiliki SMA/SMK akan terwujud dan bisa direalisasikan pada 2023.

Disampaikan Sulpakar, pada Musrenbang di Kabupaten Tanggamus pekan lalu, masyarakat meminta dibangun SMA di Pulau Tabuan yang saat ini sudah ada 3 SDN dan 1 SMPN.

"Sebagai bentuk komitmen pak gubernur dalam pemerataan pendidikan di Lampung. Terutama di pulau terpencil, maka pak gubernur menyanggupinya," jelasnya.

Pulau Tabuan merupakan pulau satu-satunya yang berada di Kabupaten Tanggamus dan masuk wilayah Adminiatrasi Kecamatan Cukuh Balak, posisinya terletak di dekat tengah pintu masuk Teluk Semaka.

Wilayah tersebut relatif curam dan berhutan lebat dan memiliki ketinggian 671 meter. Di sana juga terdapat administrasi empat pekon yakni Pekon Sawang Balak, Pekon Suka Banjar, Pekon Karang Buah dan Pekon Kutha Kakhang. Untuk menuju kesana dijangkau melalui 1 jam perjalanan laut dari Pekon Putih Doh, Cukuh Balak.

"Mudah-mudahan keinginan masyarakat Pulau Tabuan untuk memiliki satuan pendidikan SMA/SMK terwujud. Dan Gubernur Lampung Pak Arinal Djunaidi sangat menginginkan adanya unit sekolah baru di pulau Tabuan Tanggamus," sebutnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos