Rakor Pembahasan Pedoman APBD 2023, Kemendagri: Lampung Salah Satu Daerah Terbaik Pengelolaan Keuangan

img
Pembukaan Rakor Pembahasan Pedoman APBD 2023

MOMENTUM, Bandarlampung--Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebutkan Lampung merupakan salah satu daerah dengan pengelolaan keuangan terbaik.

Atas dasar itu, Lampung ditetapkan sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Permendagri Tentang Pedoman APBD 2023.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni saat pembukaan rakor di Hotel Bukit Randu, Kamis (31-3-2022).

Agus mengatakan, rakor pembahasan pedoman penyusunan APBD tahun 2023 dilaksanakan di beberapa provinsi secara bergiliran.

"Hari ini dipilih Provinsi Lampung. Di Lampung juga merupakan salah satu daerah dengan pengelolaan keuangan yang baik," kata Agus.

Sehingga, diharapkan melalui kegiatan tersebut juga bisa belajar dalam pengelolaan keuangan di Provinsi Lampung. "Lampung juga mudah dijangkau dari DKI Jakarta," ujarnya.

Selain itu, dia berharap dengan pelaksanaan rakor di daerah-daerah akan meningkatkan perekonomian dan membangkitkan pariwisata.

Dalam kegiatan tersebut, Agus juga berharap bisa mendapatkan masukan-masukan untuk penyusunan pedoman APBD 2023.

"Dari sinilah diharapkan akan lahir pedoman penyusunan APBD yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Semua masukan nanti akan kita terima," jelasnya.

Sementara, Gubernur Arinal Djunaidi menyampaikan terimakasih kepada Kemendagri karena telah memilih Lampung sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini.

Pemanfaatan keuangan daerah harus sesuai dengan situasi perkembangan dan kebutuhan masyarakat. jangan hanya sekedar kegiatan seremonial yang berulang.

RKP Tahun 2023 dimaksudkan sebagai pedoman bagi Kementerian/Lembaga dalam penyusunan Rencana Kerja (Renja) Tahun 2023 dan menjadi pedoman bagi Pemerintah Daerah dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023.

RKPD digunakan sebagai pedoman dalam proses penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos