Berpotensi, Mardiana Musa Ahmad Resmikan Hidroponik Park dan Agro Edukasi

img
Ketua FKWT Berjaya Lampung Tengah, Mardiana Musa Ahmad meresmikan Hidroponik Park dan Agro Edukasi.

MOMENTUM, Seputihagung--Kampung Sulusuban yang berlokasi di ujung barat Kecamatan Seputihagung, Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) memiliki potensi pengembangan hidroponik dan agro edukasi yang dikelola oleh kelompok wanita tani (KWT) setempat.

Ketua TP PKK Lampung Tengah sekaligus Ketua FKWT Berjaya Lampung Tengah Mardiana Musa Ahmad secara resmi membuka lokasi yang bertempat di lapangan Merdeka Kampung Sulusuban, Selasa (17-5-2022).

Camat Seputihagung Dedi Aryanto Yurida,S.STP, MH beserta Ketua TP PKK sekaligus FKWT Berjaya Kecamatan Seputihagung Meti Nata Palia,S.KM turut hadir beserta Pj Kepala Kampung Sulusuban sekaligus Sekertaris Camat Seputihagung Ridwan Pasya, SP, MM.

Ridwan Pasya menyampaikan KWT Kenanga berdiri tahun 2016. Meski sempat matisuri, dengan program KWT Berjaya bertepatan dengan Hari Ibu 22 Desember 2020 melouncing kebun toga berjaya, yang kemudian pada tahun 2022 berinovasi menjadi kebun hidroponik dan agro edukasi.

Nantinya kebun ini akan menjadi wahana wisata untuk pendidikan anak-anak Taman Kanak-kanan dan Paud. “Menumbuh kembangkan bibit di kebun KWT sangatlah mudah, namun untuk menumbuhkan semangat kaum ibu KWT sangat sulit,” ujarnya.

Dedy Yurida Aryanto menyambut baik semangat seluruh ibu-ibu KWT di Kampung Sulusuban dan PKK Kecamatan Sulusuban yang kompak. ”Terima kasih atas hadirnya Bunda Mardiana Musa Ahmad yang menjadi motivasi untuk lebih berinovasi," katanya.

Dia berharap, melalui proses pengembangan kebun toga berjaya yang dimulai dari lingkungan paling kecil di sekitar rumah hingga dapat menerapkan adanya kandang, kebun dan ada kolam (3K) dengan Toga Berjaya dapat terus berkembang dan berkreasi.

Dilouncingnya Hidroponik Park dan Agro edukasi di Kampung Sulusuban, lanjutnya akan menjadi acuan motivasi dan kreatifitas yang lebih meningkatkan semangat KWT di kampung lain yang melahirkan inovasi-inovasi baru yang lebih baik.

"Untuk pemanfaatan pekarangan hasil akhirnya adalah tujuan untuk keluarga yang diwajibkan dapat mengolah berbagai tanaman toga,” urai Dedy.

Mardiana Musa Ahmad mengutarakan di Kabupaten Lamteng kini gencar dalam berbagai bidang pengembangan mulai dari kampung hingga kecamatan.

"Salah satunya melalui Gema Toga Berjaya yang sudah dilouncing. Dengan Toga Berjaya kita bisa menjadi alternatif dan tidak bergantung pada obat-obatan kimia, dan dapat memanfaatkan tanaman sebagai obat alami yang berguna untuk menumbuhkan imunitas tubuh,” ajak Mardiana.

Diharapkan potensi Hidroponik Park dan Agro Edukasi akan menumbuhkan semangat dari organisasi antar KWT, PKK, Pokja juga Al Hidayah. "KWT dari kampung yang lain akan semakin berinovasi lebih baik lain untuk mewujudkan Lampung Tengah menjadi kabupaten terbaik di Provinsi Lampung," katanya.

Disamping peresmian Hidroponik Park, Mardiana Musa Ahmad juga mengikuti halalbihalal dengan seluruh jajaran Forkopincam Seputihagung serta pengurus KWT.

Diketahui, tema halalbihalal "Lunturkan Ego dan Bukalah Pintu Maaf Bersama Indahnya Kebersamaan dalam Kebhinekaan Silaturahmi" dihadiri Ketua KWT Kenanga Sri Lestari, pengurus dan anggota serta Kelompok Kerja (Pokja), PKK sekecamatan Seputihagung.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos