Seluruh CHJ Kota Metro Sudah Divaksin Maningitis dan Covid-19

img
Vaksinasi calon jemaah haji.

MOMENTUM, Metro--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro sudah memberikan pelayanan kesehatan serta vaksin miningitis dan Covid-19 kepada jamaah calon haji (JCH).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, Erla Andrianti mengatakan, hingga saat ini sudah 100 persen JCH Metro telah menerima vaksin miningitis maupun vaksin Covid-19 satu dan dua.

"Vaksin miningitis dan covid-19 sudah semua. Itu sudah berjalan sejak bulan April kemarin," kata dia, Rabu (18-5-2022).

Dia menjelaskan, untuk pemberian vaksin miningitis dan booster sebaiknya memang harus berjarak. Namun, dengan keadaan genting seperti ini bisa dilakukan dengan jarak kurang dari satu bulan.

"Tidak harus satu bulan juga bisa. Asalkan jamaah itu dalam keadaan sehat. Karena vaksin miningitis ini bertujuan untuk mengungkapkan daya tahan tubuh manusia," ujarnya.

Dia menyebut, dalam proses penyuntikan vaksin miningitis dan booster dapat dilakukan di setiap puskesmas jamaah berasal.

"Untuk penyuntikan vaksin miningitis ini dilakukan di setiap puskesmas terdekat dari tempat tinggal JCH itu sendiri. Misal kalau ada yang tinggal di Kelurahan Imopuro maka mereka melakukan vaksin miningitis di Puskesmas Metro, begitu juga dengan yang lainnya. Setiap puskesmas memiliki alamat binaan jamaah calon haji itu," ungkapnya.

Dia menambahkan, vaksinasi booster sangatlah penting bagi JCH. Menurutnya, dengan begitu jamaah tidak lagi harus melakukan tes PCR lagi.

"Seyogyanya harus sudah booster. Karena kan mereka ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Oleh karena itu persyaratannya pasti lebih ketat lagi," tambahnya.

Selain memberikan pelayanan vaksinasi, lanjutnya, pihaknya juga telah memberikan pelayanan screening tahap awal bagi JCH asal Metro.

"Dalam tahap screening itu nanti kita dapat mengetahui, jamaah ini memiliki riwayat sakit apa. Jika memang mereka ada kendala penyakit maka harus di obati terlebih dahulu. Intinya kami memberikan pelayanan kesehatan awal, untuk vitamin nanti akan diberikan dari Kementerian Kesehatan," pungkasnya.(**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos