Unila Pastikan Sistem UTBK Aman dari Joki

img
Pengendara sepeda motor melintas di depan Universitas Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Universitas Lampung (Unila) memastikan sistem yang digunakan dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) aman dari joki.

Hal itu diutarakan langsung oleh Kepala Humas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila, Muhammad Komarudin, Rabu (17-5-2022).

Dia mengatakan sistem yang digunakan dalam pelaksanaan UTBK berbeda dengan saat tes CPNS lalu.

"Kalau di Unila kan bukan menggunakan browser jadi tidak bisa dikendalikan dari luar. Jadi kita menggunakan aplikasi yang memang tidak bisa digunakan bersamaan dengan aplikasi yang lainnya," kata Komarudin.

Dia menjelaskan sistem yang digunakan untuk UTBK saat ini akan otomatis memblokir jika ada aplikasi lain seperti yang terbuka saat melakukan ujian.

"Jadi langsung otomatis memblokir dari sistem sehingga tidak bisa menggunakan browser dan aplikasi yang lainnya. Karena hanya aplikasi itu saja yang bisa dihidupkan," jelasnya.

Dia mengungkapkan belum ada tindak kecurangan apapun yang terjadi di Unila selama pelaksanaan UTBK pada hari pertama kemarin (17-5).

Dia mengatakan jika ada kecurangan yang terjadi akan melaporkan dan menyerahkan kasusnya langsung ke pusat, yakni Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

"Jadi jika terjadi kecurangan akan kami serahkan ke pusat terlebih dahulu, tidak langsung kami laporkan ke pihak kepolisian," tuturnya. (**)


Editor: Agus Setyawan


Leave a Comment