Tahun Depan, Pemprov Fokus Pelebaran Jalan Lempasing - Padangcermin

img
Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Lampung Febrizal Levi

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung upayakan melakukan pelebaran badan jalan di ruas Lempasing - Padangcermin Pesawaran.

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Lampung Febrizal Levi menyebutkan, pelebaran itu direncanakan akan dilakukan pada tahun anggaran 2023. 

"Dalam waktu dekat kita upayakan pelebaran badan jalan. Kita sedang lakukan perencanaan tahun ini, insya Allah 2023 sudah bisa kita laksanakan," kata Levi, Rabu (1-6-2022).

Dia menjelaskan, rencananya pelebaran itu dilakukan pada sisi kanan dan kiri jalan. "Mudah-mudahan bisa sampai satu meter kiri dan satu meter kanan. Paling tidak setengah meter," terangnya.

Meski demikian, dia menyebutkan, untuk tahap pertama, Pemprov akan memfokuskan pelebaran jalan dari Lempasing hingga ke pintu masuk Pantai Mutun.

"Itu memang jadi ruas prioritas karena untuk mendukung pariwisata kita. Jadi kita fokus tahun 2023," sebutnya.

Levi mengungkapkan, rencana pelebaran jalan itu menanggapi dari keluhan masyarakat terkait kemacetan yang sering terjadi di ruas tersebut. Terutama saat hari-hari libur. 

Sebab, menurut dia, tingkat mobilitas kendaraan di daerah tersebut cukup tinggi. Sedangkan, kapasitas jalan tak mendukung. 

"Setelah kami lakukan survei, ternyata memang benar ada titik kemacetan. Apalagi di hari-hari libur dan akhir pekan," tuturnya.

Karena itu, diharapkan dengan adanya pelebaran tersebut, kapasitas jalan akan meningkat.

Terpisah, Iyus salah satu warga setempat membenarkan ruas jalan tersebut memang sering mengalami kemacetan.

Bahkan, menurut dia, pada saat libur nasional kemacetan yang terjadi bisa hingga malam hari.

"Libur lebaran kemarin, macetnya bisa sampai jam sembilan malam. Karena dari mana-mana pada datang ke sini buat liburan," keluhnya.

Dia pun berharap, pemerintah bisa melakukan pelebaran jalan guna meminimalisir kemacetan.

"Harapannya bisa ada pelebaran jalan. Jadi akan banyak wisatawan yang datang ke Lampung," tuturnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos