Barokah Farm, Peternakan Modern dan Humanis

img
Kambing-kambing yang berada di 5758 Barokah Farm

MOMENTUM, Bandarlampung-- Barokah Farm merupakan peternakan kambing modern dan humanis yang terletak di Jalan Moch Ali 02 Nomor 65, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Peternakan ini terletak di atas pegunungan dengan pemandangan yang asri dan suasana yang tenang.

Sang pemilik, Yuhadi mengatakan peternakan itu dibangun sejak 2021 dan kini memiliki kurang lebih 60 puluhan ekor kambing dewasa.

"Saya buat tempat ini memang fokus untuk breeding ya, bukan untuk diperjual-belikan. Belum ada kepikiran untuk jual-beli kambing, jadi fokus beternak saja," kata Yuhadi kepada harianmomentum.com di Barokah Farm, Selasa (7-6-2022).

Dia mengatakan hewan ternak juga harus diperhatikan sisi humanisnya dan dipikirkan ketentramannya.

Menurutnya, kandang yang layak dan nyaman akan membuat hewan ternak juga lancar perkembangbiakannya.

"Oleh sebab itu, saya persiapkan dan perhatikan semuanya untuk kenyamanan dan ketentraman hewan ternak yang saya miliki," ucapnya.

Dia juga mengatakan proses sanitasi di dalam kandangnya dibuat berbeda sehingga lebih meningkatkan kenyamanan pengunjung dan hewan ternaknya.

"Jadi sanitasi pembuangannya itu dari kandang langsung ke tanah, sehingga peternakan ini tidak ada bau yang tidak sedap sama sekali," kata dia.

Dia mengungkapkan pada saat awal mulai berternak sempat mengalami banyaknya kambing yang mati.

"Jadi awalnya ada 40 ekor, kemudian lahir sekitar 16 ekor dan semuanya yang lahir itu mati," ungkapnya.

Meski demikian, saat ini dia mengatakan sudah lebih mengerti sehingga sudah bisa mengantisipasi hal-hal seperti itu agar tidak terulang.

"Saat ini di lokasi kandang yang pertama bisa menampung seratusan ekor kambing. Di lokasi kedua yang masih proses pembangunan mampu menampung hingga dua ratusan ekor," tuturnya. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos