Tingkatkan Perkonomian Masyarakat, PLN dan Korbinmas  Baharkam Polri Gelar Pelatihan Pemanfaatan Faba

img
POLRI dan PLN menjadi bagian bagian penting dalam mendorong penguatan ekonomi melalui pemanfaatan fly ash dan bottom ash (FABA).

MOMENTUM, Lampung--PLN terus bertransformasi untuk pelayanan yang optimal dan menciptakan listrik yang terjangkau untuk masyarakat. Dalam melakukan upaya tersebut PLN juga melakukan sinergi dengan instansi pemerintahan dalam upaya penguatan sumber daya yang dimiliki untuk mencipkatan nilai tambah.

POLRI dan PLN menjadi bagian bagian penting dalam mendorong penguatan sumber daya tersebut khususnya pemanfaatan fly ash dan bottom ash (FABA). Dengan menggelar pelatihan pemanfaatan FABA secara serentak yang diikuti oleh satuan BIMAS POLRES-POLDA seluruh Indonesia,  diharapkan BIMAS POLRES-POLDA dapat memiliki keterampilan dan mendorong masyarakat dalam upaya mengembangkan perekonomian melalui pemanfaatan FABA masyarakat dilingkungan sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PLN.

Dalam sambutannya (EVP) K3 PLN Komang Parmita menjelaskan FABA mulai bisa dimanfaatkan secara regulasi pada tahun 2021, pemerintah telah memberikan ruang untuk pemanfaatan faba sesuai PP 22/2021 sesuai lampiran XIV dimana status fly ash dan bottom ash sudah termasuk limbah non B3 dan dukungan peraturan KLH mengenai tata Kelola limbah Non B3 dimana salah satunya pengelolaan fly ash dan bottom ash.

“Gerakan pemanfaatan FABA ini merupakan momen baik untuk diiimplementasikan sehingga mendorong tumbuhnya pemanfaataan FABA yang dapat memunculkan pertumbuhan ekomoni dimasyarakat” ungkapnya.

Kombespol Anang Triarsono Sik Msi (Dirbinmas) Polda Lampung mengapresiasi dan akan mendukung program pemanfaatan FABA PLN. “ Melihat potensi pemanfaatan FABA, kami akan mendorong masyarakat untuk mengembangkan perekonomian melalui pemanfaatan FABA masyarakat dilingkungan PLTU PLN” ungkapnya

Dalam acara pelatihan yang dilakukan secara daring dan luring tersebut, PLN UIK Sumbagsel berpartisipasi melalui PLTU Tarahan yang terletak di Provinsi Lampung dan PLTU Ombilin yang terletak di Sumatera Barat.

Dalam kegiatan tersebut PLN memberikan pelatihan berupa manajemen pengelolaan FABA, pembuatan batako, pembuatan paving, pembuatan Pupuk FABA dan pembuatan beton FABA untuk jalan kepada anggota POLRES-POLDA di sekitar PLTU Tarahan dan PLTU Ombilin.

PLN UIK Sumbagsel telah melakukan pemanfaatan FABA melalui PLTU Tarahan, PLTU Sebalang, PLTU Bukit Asam, PLTU Ombilin dan PLTU Teluk Sirih untuk pembuatan paving block, pengecoran jalan, pembuatan batako, penimbunan lahan bekas tambang dan pembuatan pupuk FABA dengan total pemanfaatan internal mencapai 5.005,15 ton dan pemanfaatan eksternal mencapai 23.084,32 Ton sepanjang tahun 2021.

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini UPK Tarahan dapat melaksanakan Pelatihan Pemanfaatan Faba untuk Peningkatan Perekonomian Nasional Melalui Pemberdayaan Masyarakat Bersama KORBINMAS BAHARKAM POLDA Lampung. Di harapkan program ini dapat terealisasi dengan baik sehingga dapat memaksimalkan Fly Ash dan Botoom Ash menjadi produk untuk Penimbunan, Batako, Paving Blok sebagai bahan baku bangunan, dan pengecoran jalan serta diharapkan ke depannya dapat menghasilkan nilai ekonomis bagi masyarakat yg menjadi sasaran dalam hal pemanfaatan Fly Ash & Bottom Ash ini," tutur Yuli Tri Setyono selaku Manager UPk Tarahan.

PLN UPK Tarahan melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) telah melaksanakan program bedah rumah di ring 1 pada Maret 2022 yang berbahan Baku dari Fly Ash dan Bottom Ash, program ini merupakan salah satu komitmen kami untuk merealisasikan pemanfataan FABA dengan sebaiknya," tambahnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos