Tiga Bulan Gaji Belum Dibayar, Honorer Pemkot Menjerit

img
Ilustrasi/IST

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung saat ini sedang kelimpungan. 

Sebab, tidak hanya insentif aparatur saja yang masih menunggak. Ternyata, gaji honorer (tenaga kontrak) pun juga belum dibayarkan. 

Tunggakan gaji itu, terhitung tiga bulan: Desember 2021 dan Mei hingga Juni 2022.

Jika gaji mereka perbulannya sebesar Rp2 juta, maka total tunggakan gaji 5.572 honorer selama tiga bulan sekitar Rp30 miliar.

“Gaji kami hingga saat ini belum dibayar pemkot. Tiga bulan,” jelas salah satu tenaga honorer yang bertugas di puskesmas, Kamis (7-7-2022).

Kepada harianmomentum.com, tenaga honorer itu pun bingung untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebab, dia hanya mengandalkan gaji karena tidak ada pemasukan lain.

“Jika belum gajian seperti ini, mau tidak mau harus berhutang. Untuk sekedar menyambung hidup,” keluhnya.

Hal senada disampaikan honorer lainnya. Pria yang bertugas di salah satu kecamatan itu justru menganggap pemkot mengistimewakan tenaga kontrak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandarlampung.

“DLH sudah tidak ada tunggakan gaji honorer di 2021. Kalau tidak salah sudah dibayarkan menjelang hut ke-22 Apeksi lalu, karena mereka mengancam mogok kerja,” jelasnya.

Sedangkan untuk Mei, honorer DLH juga telah menerima gaji. Sehingga upah mereka yang belum direalisasikan tersisa Juni 2022.

“Kalau kami bagaimana? Apakah perlu menggelar demonstrasi dan mengancam mogok kerja dahulu seperti petugas kebersihan DLH, agar gaji dibayar?,” ungkapnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandarlampung, Muhamad Nur Ram’dhan memastikan sedang memproses realisasi gaji honorer.

“Gaji honorer lagi diproses, untuk pembayaran Mei tahun ini,” ujar Ram’dhan saat ditemui di ruang kerjanya.

Kendati demikian, pemkot baru akan membayar gaji untuk bulan Mei 2022 terlebih dahulu. Sedangkan sisanya akan dibayarkan secara bertahap.

“Tetap kita proses. Gak mungkin (gaji Desember 2021 dan Juni, red) gak kita bayar, gak usah khawatir. Sabar aja,” klaimnya.

Selain itu, Ram’dhan juga mengakui pemkot memiliki tunggakan gaji bagi honorer selain DLH, untuk satu bulan pada 2021.

“Kalau honorer selain DLH, gaji tahun lalu tinggal satu bulan lagi. Tapi dibayarnya nanti, gak bareng dengan gaji Mei ini,” sebutnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos