KPH XIII Tanam 2.500 Bibit Mangrove

img
Aksi penanaman 2.500 bibit pohon mangrove di kawasan pantai register 1 Waypisang, Kabupaten Lampung Selatan.

Harianmomentum.com--Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) XIII Gunung Rajabasa-Way Pisang-Batu Serampok, kembali menggelar aksi penanaman bibit pohon mangrove.

Kali ini KPH XIII menanam 2.500 batang bibit mangrove di kawasan Register 1 Way Pisang, Parit 12 Desa Bandaragung, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Selasa (24/10). Aksi tersebut juga melibatkan pelajar dan para guru SMP Negeri 1 Sragi bersama masyarakat.

 

Kepala Unit (Kanit) Polisi Kehutanan (Polhut) KPH XIII Bambang Suharto mengatakan bibit mangrove terebut ditanam di atas lahan pantai seluas setengah hektar. 

 

“Ya, hari ini kita kembali mengajak para pelajar dan masyarakat untuk menanam  bibit mangrove di kawasan pantai,“ kata Bambang.


Dia menerangkan, aksi penanaman bibit mangrove itu bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan, khususnya kawasan pesisir pantai.


Bambang menjelaskan, kegiatan ini juga sebagai pemicu kepada semua masyarakat untuk menanam setidak-tidaknya satu pohon bakau dengan harapan masyarakat senantiasa peduli terhadap lingkungan.

"Walaupun usaha dalam menjaga kelestarian lingkungan itu belum maksimal, tetapi sedikit saja usaha yang dilakukan akan semoga menjadi manfaat dan mendapat berkah dari Allah," katanya.

Hal senada diungkapkan Kepala Resort II Polhut KPH XIII Kamid. Menurut dia, penanaman bibit mangrove akan berdampak positif terhadap lingkungan dan juga masyarakat. Kamid juga mengapresiasi peran serta pelajar dan masyarakat yang sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

"Kami khawatirkan kawasan pantai ini bisa rusak akibat dorongan air laut ke daratan  jika tidak ada pohon bakau (mangrove). Terimakasih kepada pelajar dan masyarakat. Mari kita sama-sama menjaga agar bibit tanaman ini  tumbuhn dengan baik,” ajaknya. 

Kepala SMPN 1 Sragi, Sirotjudin mengatskan sangat mendukung kegiatan tersebut. Menurut dia, dengan melibatkan pelajar dalam aksi penenaman itu, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan motivasi untuk berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan. (bob)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos