Andi Surya Siap Perjuangkan Hak Lahan Warga Pinggir Rel

img
Andi Surya Siap Perjuangkan Hak Lahan Warga Pinggir Rel. Foto: Agung Chandra Widi

Harianmomentun.com--Puluhan warga Kecamatan Labuhanratu, Kota Bandarlampung yang tempat tinggalnya berdekatan dengan rel, mendatangi Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Provinsi Lampung di Jalan Patimura, Telukbetung Utara, Kamis (26/10).

 

Kedatangan mereka untuk bertemu anggota DPD RI Andi Surya. Mereka ingin berkomunikasi secara langsung terkait masalah lahan tempat tinggal mereka yang diklaim merupakan milik PT KAI (Kereta Api Indonesia).

 

Puluhan warga tersebut berasal dari Kelurahan Labuhanratu, Labuhanratu Raya, Kotasepang, dan Kampungbaru.

 

Andi Surya menyambut kedatangan mereka dengan mengucapkan salam hormat kepada seluruh warga.

 

Dalam sambutannya, Andi Surya menyampaikan keprihatinannya kepada warga pinggir rel yang hingga kini status kepemilikan lahannya masih belum jelas.

 

"Dua tahun lalu saat saya baru dilantik, saya diceritakan oleh salah satu rekan saya yang tinggal di dekat rel Kelurahan Sawahbrebes tentang masalah lahan yang diaku milik PT KAI. Saat itu saya ikut serta turun langsung ke lokasi. Dari situlah tumbuh keinginan saya untuk memperjuangkan lahan warga pinggir rel," kata senator ini.

 

Menurut Andi, secara hukum lahan kosong yang ada di pinggiran rel itu adalah milik negara yang tidak terdaftar dimana pun, termasuk di PT KAI Lampung.

 

"Anehnya, selama ini PT KAI mengklaim tanah-tanah dekat rel tersebut adalah miliknya hanya dengan berdasarkan GroonKaart (peta zaman Belanda)," jelasnya.

 

Sedangkan, lanjut Andi, saat ini Indonesia sudah merdeka.

 

"Jadi untuk apa PT KAI masih mengacu dengan surat tersebut. Kan tidak benar ini," terangnya.

 

Menurut Andi, setiap penduduk yang sudah menempati lahan lebih dari 20 tahun, artinya lahan tersebut sudah bisa dibuatkan sertifikat.

 

"Program sertifikasi tanah rakyat saat ini menjadi salah satu program utama pemerintah pusat," ujarnya.

 

Untuk menyelesaikan masalah ini, perlu kerja sama banyak pihak.

 

"Maka kita harus kerja sama untuk sama-sama berjuang. Kalau saya sendirian berjuang juga untuk apa, tidak ada gunanya. Disini saya hanya memfasilitasi keluhan warga," jelasnya.

 

Seluruh masyarakat yang hadir dalam kesempatan itu tampak senang dengan adanya dukungan dari Andi Surya. Mereka bersorak mendukung penuh keinginan Andi untuk memperjuangkan lahan warga. (acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos