Cegah Stunting, Perwanas Lampung Bagi 10 Ribu Telur

img
Ketua DPD Perwanas Lampung, Sri Wardhani, SH memberikan sambutan dalam kegiatan pembagian telur guna mencegah stunting.

MOMENTUM, Bandarlampung--Mendukung program pemerintah dalam pencegahan stunting, DPD Pergerakan Wanita Nasional (Perwanas) Lampung membagikan 10.000 telur di Lampung. Pembagian telur ini dilakukan secara bertahap di beberapa kabupaten.

Ketua DPD Perwanas Lampung, Sri Wardhani, SH mengatakan kegiatan pembagian telur untuk menekan kenaikan angka stunting di Lampung. Pembagian telur dilaksanakan di Kebupaten Tulangbawang, Pesawaran masing-masing sebanyak 1.500 butir, Kabupaten Lampung Tengah, Metro, Tanggamus, dan Pringewu masing-masing 1.000 butir. Untuk di Bandarlampung dan DPD Perwanas sebanyak 2.000 butir.

Keberadaan DPD Perwanas ini merupakan mitra pemerintah terutama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung. Terutama program-program dinas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, DPD Perwanas siap mendukung. Salah satunya program mencegah stunting bagi anak-anak yang ada di Lampung.


“Melalui gerakan Ayo Makan Telur ini, bisa menjadi jalan keluar untuk mencegah stunting bagi anak. Dengan program gerakan semacam ini terus mendorong masyarakat agar ikut peduli akan masalah kesehatan tersebut,” ujarnya kepada harianmomentum, Selasa (30-8-2022).

Ia berharap, dengan kepedulian Perwanas bisa mengajak semua elemen untuk berkolobarasi mewujudkan gerakan mencegah stunting, dengan memberikan tambahan gizi bagi anak.

Kegiatan pencegahan stunting ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2021, diawali dengan memberikan pembekalan kepada anggota DPC Perwanas yang ada di Kabupaten Lampung Tengah, Tulangbawang dan Pesawaran sebanyak 60 orang, di Hotel BBC Bandarjaya.

DPD Perwanas bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI melaksanakan Orientasi Kader Perwanas dalam Percepatan pencegahan dan penurunan stunting melalui komunikasi antar pribadi.

Selain itu, kader Perwanas juga melakukan pencatatan semua ibu hamil dan balita. Kader memberikan edukasi kepada ibu-ibu hamil bagaimana mencegah stunting. Selain itu, kader-kader Perwanas juga memberikan penyuluhan di posyandu-posyandu yang kurang aktif memberikan pelayanan.

Untuk saat ini, DPD Perwanas sudah memiliki 5 PAUD binaan yang ada di Bandarlampung dan Tanggamus. Kedepan, kami juga akan terus berkaloborasi untuk membentuk PAUD binaan lagi dan kelompok lansia. Jadi perhatiannya tidak hanya kepada anak usia dini juga kepada lansia. “Sehingga keberadaan Perwanas bermanfaat bagi masyarakat Lampung,” tegasnya. (*)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos