Kerahkan 10 Mobil Damkar, BPBD Butuh Waktu 2 Jam Padamkan Kebakaran Eks Bioskop Panorama

img
Armada Damkar BPBD Bandarlampung dikerahkan ke lokasi kebakaran Eks Bioskop Panorama.

Harianmomentum.com--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandalampung mengerahkan 10 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api yang membakar eks gedung Bioskop Panorama di Jalan Ikan Bawal, Telukbetung, Kamis malam (2/11). 


Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Bandarlampung Suhardi Syamsi mengatakan poses pemadaman kebakaran itu dilakukan 54 personel.

"Pertama kita turunkan delapan unit mobil Damkar, terus nambah dua unit lagi. Total 10 unit mobil Damkar dan 54 personel," kata Suhardi pada harianmomentum.com usai memadamkan api di lokasi kejadian. 


Dia menambahkan, upaya pemadaman berlangsung selama 2 jam lebih. "Kalau waktu yang dibutuhkan untuk menguasai apinya 40 menit. Kemudian untuk pendinginan satu jam setengah. Jadi sekitar 2 jam lebih," tuturnya. 


Menurut dia, proses pemadaman tidak menemui hambatan berarti, hanya saja pihaknya sedikit kesulitan untuk masuk ke dalam eks gedung bioskop itu. 


"Untuk proses pemadaman harus dilakukan dari dalam. Sementara, hanya terdapat satu pintu masuk," terangnya. 


Dia menduga, kebakaran terjadi akibat puntung rokok yang masih menyala dibuang sembarangan. Lalu  menyambar tumpukan kayu lapuk di dalam gedung. 


"Dugaannya dari puntung rokok, karena di sini sudah tidak ada jaringan listrik lagi. Tapi memang ada beberapa pengakuan warga yang bilang pembakaran sampah," terangnya. 


Terkait kerugian materi, Suhardi belum bisa memastikan berapa jumlahnya. Dia memperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. (adw)

 
 
 
 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos