Ciptakan Kota yang Bersih, Petugas TPS3R Pringsewu Diminta Kelola Sampah dengan Baik

img
Dinas PUPR Kabupaten Pringsewu gelar Pembinaan pengelolaan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Rause, Recyle (TPS3R) di Kabupaten Pringsewu tahun 2023.

MOMENTUM, Pringsewu -- Menciptakan kota yang bersih dari berbagai sampah dan bahkan meraih penghargaan Adipura, sebenarnya bukan hal sulit bagi Pemerintah Kabupaten Pringsewu.

Alasannya, Pringsewu memilki sarana pengelolaan sampah. Berupa Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Rause Recyle (TPS3R). Apalagi, sarana ini ada 12 unit di berbagai lokasi.

Karena itu, menurut Asisten Ekobang Pemkab Pringsewu  Masykur Hasan, para petugas TPS3R tinggal melakukan tugasnya dengan baik.  "Saya yakin jika penangan berbagai jenis sampah dikelola dengan serius, pasti Pringsewu selalu bersih dari berbagai jenis sampah dan bisa memperoleh penghargaan Adipura," tegasnya.

Permintaan itu disampaikan Masykur saat membuka pembinaan dan pengelolaan TPS3R di Kabupaten Pringsewu pada Selasa 6 Juni 2023 di di Hotel Regency.

Kegiatan yang gelar Dinas PUPR Kabupaten Pringsewu itu, diikuti sekitar 50 peserta, perwakilan dari 12 kelompok TPS3R yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Pringsewu.

Menurutnya, pemerintah dari tahun 2021 hingga 2023 telah mengucurkan dana milaran rupiah untuk membangun 12 unit TPS3R  yang memiliki peralatan pendukung, baik melalui program KOTAKU dan dana DAK-APBN.

Hal itu bertujuan supaya wilayah Kabupaten Pringsewu benar-benar bersih dari sampah karena memang ada kelompoknya yang mengelola sampahnya.

Yang disayangkan, dari 12 unit TPS3R, sebagian dikelola secara aktif dan maksimal. Yang lain, kurang maksimal. Karena itu, para pengelolanya diberi pembinaan dan pembekalan.  "Mamfaatkan momen tersebut, sampaikan apa kendala yang dihadapi, pasti akan ada solusi," ucap Masykur Hasan.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pringsewu Imam Santiko Raharjo menjelaskan, Kabupaten Pringsewu dari tahun 2021 hingga 2023 telah terbangun 12 unit sarana gedung pengelolaan TPS3R beserta perangkatnya.

Ke-12 unit gedung TPS3R itu terletak di Kelurahan Pringsewu Barat dengan nama Jejama Secancanan, lalu di Pringsewu Selatan dengan nama Sakai Sembayan, di Pringsewu Utara (Mitra Mandiri), Pekon Podomoro (Podo Berkah), Sidoharjo (Sido Mandiri).

Serta di Pekon Wonodadi Kecamatan Gadingrejo (TPS 3 R Wonodadi), Pekon Sumberagung, Kecamatan Ambarawa (TPS 3R Sumberagung), Pekon Pandansari Kecamatan Sukoharjo (TPS 3R) Pandansari.

Di Pekon Fajaragung Barat (TPS 3R Fajaragung Barat), Pekon Waringinsari Timur, Kecamatan Adiluih (TPS 3R Waringinsari Timur), Pekon Ambarawa Barat, Kecamatan Ambarawa (TPS 3R Ambarawa Barat) dan Pekon Rejosari, Kecamatan Pringsewu (TPS 3R Rejosari).

Menurutnya, semua gedung TPS3R itu sudah difungsikan sesuai dengan keperuntukannya."Memang ada yang maksimal juga ada yang kurang maksimal karena keterbatasan SDM,"jelasnya.

Imam Santiko Raharjo menambahkan, pada pembinaan itu menghadirkan pemateri dari pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Kabupaten Pringsewu. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos