Program Keringanan Pajak, Bapenda Bakal Optimalkan Pelayanan Samling

img
Pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Samsat Kemiling milik Bapenda Lampung

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) akan mengoptimalkan pelayanan melalui Samsat Keliling (Samling).

Kepala Bapenda Lampung Adi Erlansyah mengatakan, hal itu dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mengikuti program keringanan pajak kendaraan bermotor (PKB).

"Bulan Juli ini kami akan mengoptimalkan pelayanan melalui Samling," kata Adi kepada harianmomentum.com, Kamis (6-7-2023).

Selain itu, dia mengatakan, akan menggencarkan sosialisasi bersama Tim Pembina Samsat. 

Terdiri dari Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung PT Jasa Raharja.

"Kami juga akan gencarkan sosialisasi bersama Tim Pembina Samsat," jelasnya.

Terlebih, dia menilai, animo masyarakat untuk mengikuti program tersebut sedikit menurun.

Hal tersebut terlihat dari realisasi program keringanan PKB pada bulan Juni 2023 yang menurun.

Pada Juni, realisasi program keringanan PKB hanya Rp13,71 miliar dengan jumlah kendaraan 6.692 unit. Terdiri dari 4.779 motor dan 1.913 mobil.

Realisasi itu menurun jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. Dia merinci, realisasi pada bulan April mencapai Rp14,16 miliar dengan jumlah kendaraan yang ikut 6.837 unit: 4.811 motor dan 2.026 mobil.

Lalu realisasi program keringanan pada Mei 2023 mencapai Rp17,77 miliar dengan jumlah kendaraan 6.373 motor dan 2.451 mobil. Total kendaraan 8.824 unit.

Selain itu, Adi menduga, penurunan realisasi itu juga dikarenakan adanya libur nasional dan cuti bersama Idul Adha yang cukup lama.

"Bulan Juli ini ada libur nasional dan cuti bersama Idul Adha yang cukup lama. Dan mungkin animo masyarakat sedikit menurun," tuturnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos