Pringsewu DX Club Gelar Peringatan Ulang Tahun yang Pertama

img

MOMENTUM, Pringsewu -- Pringsewu DX Club menggelar sejumlah kegiatan untuk memeriahkan ulang tahunnya yang pertama. Kegiatan komunitas radio amatir pada band 40 meter (single side band) dengan frekuensi hunting ini berlangsung pada 17-19 Juli 2023.

Koordinator pelaksana kegiatan Aris Mulato menjelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan, keterampilan dan latih diri anggota Orari di bidang komunikasi radio.

"Terpenting lagi untuk menjalin semangat kekeluargaan, mempererat tali persaudaraan dan menjunjung tinggi sportifitas sesama amatir radio," terangnya.

Menurutnya, peserta kegiatan yakni seluruh amatir radio yang memiliki IAR dan KTA yang masih berlaku, dimulai sejak 17 Juli 2023 pada pukul 00:00 UTC sampai dengan 19 Juli 2023 pada pukul 23:59 UTC.

Ketentuan peserta antara lain, mentaati tata cara berkomunikasi yang baik dan benar, dengan berbahasa yang santun dan bersabar jika belum terdengar oleh operator net control station atau NCS, jelasnya.

Aris Mulato memaparkan,  para peserta harus menyebutkan tanda panggilan atau callsign secara lengkap pada saat melakukan check-in di setiap sesi pemanggilan oleh NCS yang bertugas, serta memberikan kesempatan kepada stasiun lain melakukan panggilan.

Disamping itu peserta tidak diperkenankan melakukan panggilan secara berulang-ulang, dan cukup satu kali saja dalam satu putaran.

Juga setiap peserta hanya diperkenankan berkomunikasi secara langsung melalui pesawat radio transceiver."Peserta  dilarang menggunakan fasilitas link gateway dari software team speak3, echolink, e-QSO, juga dilarang melakukan panggilan menggunakan callsign milik orang lain," tegasnya.

Dia menambahkan, pada kegiatan 1st Anniversary PDXC 2023, panitia menyediakan doorprice berupa 1 unit HF transceiver JJ, 2 unit HT dan 10 merchandise. "Para pemenang yang berhak mendapatkan doorprice akan diumumkan pada 31 Juli 2023 melalui media sosial. Termasuk untuk e-Certificate yang juga dapat diunduh di website tersebut,"imbuhnya.

Ketua Orari Lokal Pringsewu  Fauzi mengapresiasi digelarnya 1st Anniversary PDXC 2023 yang merupakan kegiatan positif dalam rangka meningkatkan keterampilan berkomunikasi melalui perangkat radio amatir.

Disamping sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi diantara sesama amatir radio anggota ORARI di seluruh Indonesia dan bahkan amatir radio dari luar negara.

"Selamat ulang tahun yang pertama kepada Pringsewu DX Club,  dan selamat ulang tahun ke-55 untuk Orari. Bersatu, Berkarya, Mendunia. Orari Keren," ucap Fauzi, Wakil Bupati Pringsewu periode 2017-2022 itu. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos