Proyek Jalan di Lampura Diduga Caplok Lahan Warga

img
Proyek jalan yang diduga menyerobot lahan warga. Foto Yansen

Harianmomentum.com--Proyek infrastruktur jalan penghubung Dusun Simpangpetani dan Dusun Talangbaru Desa Mulangmaya Kecamatan Kotabumi Selatan, Lampung Utara (Lamura) disoal warga setempat.

 

Pasalnya, proyek jalan yang diduga proyek tak jelas itu telah mencaplok lahan warga sebagai badan jalan tanpa seizin pemilik lahan.

 

Diungkapkan, Eva Jaya, salah satu warga yang lahannya terserobot pembangunan jalan itu menuturkan dirinya merasa dirugikan karena proyek jalan tersebut mengambil sebagian lahan miliknya.

 

Dia pun tidak mengetahui siapa pemilik proyek tersebut. "Saya gak tahu proyek siapa ini. Lahan saya aja sebagian terkena gusur. Proyek ini gak jelas pak karena papan atau plang  proyek  saja tidak ada," ungkap Eva Jaya kepada awak media, Jumat (15/12).

 

Merasa dirugikan, Eva Jaya menegaskan akan menuntut ganti rugi kepada pemilik proyek atas penyerobotan lahan miliknya.

"Jelas saya akan minta ganti rugi, gimana tidak saya gak tahu bahwa ada proyek disini. Tiba-tiba asal aja ngambil lahan orang untuk proyek tanpa izin dan ngomong ke pemilik lahan," serunya.

 

Sementara itu,  Wakil Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat, Abdul Roni membenarkan adanya dugaan proyek tak jelas di desanya.

 

Menurut dia, selaku perwakilan masyarakat setempat dirinya tidak mengetahui sama sekali adanya pembangunan proyek jalan penghubung dua dusun di desanya tersebut.

"Saya juga tidak tahu pak. Biasanya setiap ada pembangunan di desa, kami beri tahu. Khusus yang satu ini kami tidak tahu sama sekali. Saya pun kaget proyek ini sampai-sampai menggusur lahan warga tanpa sepengetahuan dan izin dari  pemiliknya," terangnya.

 

Atas kejadian ini, Abdul Roni menyatakan posisinya sebagai perwakilan masyarakat dan pemangku kebijakan di desanya merasa tidak dihargai. 

 

"Proyek itu gak jelas asal usulnya. Plang proyek gak ada. Pas saya  lihat dilokasi pengerjaannya pun terkesan asal jadi," ungkapnya. (ysn) 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos