Polda Petakan Wilayah Konflik Jelang Pilkada 2018

img
Kapolda Lampung Irjen Suntana memberikan keterangan pers terkait zonasi kerawanan Pilkada serentak 2018.Foto:Agung Chandra Widi

Harianmomentum.com--Kepolisian Daerah (Polda) Lampung memetakan titik-titik rawan kejahatan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di wilayah hukum setempat.


"Kita sudah pastikan titik-titik kerawanan itu. Dari sebelum saya menjabat juga sudah ada pemetaan itu," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana usai kunjungannya di Rumah Sakit Umum Abdoel Moeloek (RSUAM) Bandarlampung, Minggu (14/1/18).


Walau demikian, Kapolda menjelaskan pihaknya tetap akan melakukan pemetaan ulang terhadap titik-titik rentan kejahatan jelang Pilkada serentak, 27 Juni 2108.


"Saat ini kita akan terus pantau dan perbaharui, karena kerawanan itu ada yang bersifat statis dan dinamis," jelasnya.


Menurut dia, pemetaan titik-titik kerawanan di wilayah merupakan salah satu tugas pokok kepolisian.


"Jadi, mapping (zonasi) dan update atau perbaharui informasi kerawanan itu, karena memang sudah menjadi tugas pokok kepolisian," ujarnya.


Saat ditanyai terkait daerah di wilayah Lampung yang rawan kejahatan saat Pilkada dimulai, ia enggan menyebutkan secara rinci, hanya menyatakan bahwa seluruh wilayah memiliki potensi kerawanan.


"Semua wilayah punya potensi kerawanan. Semua wilayah kita perlakukan sama," terangnya.


Walaupun baru saja dilantik tiga hari lalu, saat disinggung terkait dengan kesiapannya mengawal Pilkada Lampung, ia menegaskan bahwa Kepolisian siap mengawal keamanan serta kelancaran dengan baik.


"Dalam dunia kepolisian itu hal yang biasa, kita masuk ke wilayah baru, tugas pokok kita apa, ancaman dan tantangannya apa. Semuanya dipelajari terlebih dulu," tuturnya. (acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos