Kunjungan Wisata Lampung Terus Meningkat

img
aman Laut Pahawang, Lampung. (foto: ist)

Harianmomentum.com - Dinas Pariwisata Provinsi Lampung menyatakan jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke daerah ini akan terus meningkat.

Kepala Dinas Pariwisata Lampung Budiharto, menunjukkan data dalam dua tahun terakhir, pelancong yang datang ke Lampung terus meningkat, bahkan di atas target yang diperkirakan.

Pada 2017, kata dia, wisatawan yang berkunjung ke Lampung mencapai delapan juta orang. Angka tersebut melebih target yang ditetapkan, yakni tujuh juta. Begitu juga pada 2016, dari target lima juta, wisatawan yang datang mencapai enam juta orang.

“Yang merilis angka delapan juta kunjungan wisata Lampung itu kan Kementerian Pariwisata dan Telkom. Sehingga, keluarlah berita bahwa kunjungan wisata Lampung mengalahkan Bali pada waktu itu," ujar Budiharto dalam siaran persnya, Senin (14/1/18).

Sebelumnya, Provinsi Lampung menempati posisi kesembilan untuk kunjungan wisatawan nusantara pada Oktober 2017. Posisi tersebut mengalahkan Bali, yakni di posisi sebelas. Data tersebut dihitung menggunakan  teknik lalu lintas pergerakan wisatawan melalui telepon seluler oleh Kementerian Pariwisata dan PT Telkom.

Capaian tersebut banyak ditunjang oleh beberapa acara yang digelar di Lampung. Di antaranya Hari Keluarga Nasional, Hari Kopi Internasional, dan sejumlah acara nasional lainnya yang digelar di Lampung. “Ini tak lepas dari makin mudahnya akses ke Lampung, baik melalui darat maupun melalui Bandara Radin Intan II,” kata dia.

Pada Oktober 2017 lalu, kunjungan wisatawan nusantara di Lampung mencapai 8,8 juta. Sedangkan Bali mencapai 8,5 juta pengunjung. Kunjungan ke Lampung tersebut didominasi oleh wisatawan dari Jakarta, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi.

Ridho menambahkan, meskipun tidak termasuk dalam program Bali Baru yang dicanangkan pemerintah pusat, Lampung terus mengalami peningkatan kunjungan wisatawan. Bahkan pada 2016, kunjungan wisatawan mancanegara di Lampung mencapai 155.053 pengunjung. Capaian tersebut meningkat sekitar 40 ribu dari tahun 2015, yakni 114.907 wisatawan.

“Ini prestasi seluruh pelaku pariwisata, mulai pengelola hotel, restoran, pengelola tempat wisata, dan transportasi. Sektor-sektor ini yang punya efek ganda bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Ridho.

Pertumbuhan hotel di Lampung, naik. Beberapa di antaranya ditopang dengan lokasi yang tidak jauh dari destinasi wisata. “Beberapa dekat dengan Pulau Pahawang dan pulau-pulau di sekitar Teluk Lampung, sehingga bisa dikemas menjadi one day tour,” katanya. (rls)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos