Tim Kemenag Segera Cek Kesiapan Lampung Embarkasi Haji

img
Ilustrasi. Ist.

Harianmomentum.com - Tim verifikasi Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dalam waktu dekat akan mengunjungi Provinsi Lampung. Mengecek kesiapan Lampung menjadi embarkasi penuh.


Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis mengatakan, tim Kemenag akan mengecek berbagai fasilitas dan sarana prasarana yang tersedia di Bandara Radin Inten II.


“Dalam waktu dekat jajaran dari Kemenag akan ke sini meninjau kelayakan di bandara, asrama haji, dan sarana prasarana penunjang lainnya," ujar Hamartoni, di Balai Keratun, Rabu (23/01/2018).


Menurut dia, Pemprov Lampung berupaya agar dalam peninjauan tersebut, Lampung meraih hasil terbaik guna meningkatkan status bandara menjadi embarkasi haji penuh.


“Kalau dari peninjauan itu lulus, maka bisa dipastikan pada 2018 ini embarkasi di Lampung bisa diresmikan menjadi embarkasi haji penuh," kata dia.


Disamping itu, untuk menunjang fasilitas, Pemprov bersama Kemenag juga akan membangun dua asrama haji kembar berlantai empat di Asrama Haji Rajabasa. Sebelumnya, aset asrama haji itu telah dihibahkan Pemerintah Provinsi Lampung kepada Kanwil Kemenag Lampung.


“Salah satu persyaratan asrama haji sudah kami perbaiki, baik peralatan maupun sarana prasarana penginapan. Aset asrama haji Rajabasa sudah kami serahkan ke Kemanag agar tahun ini pembangunan asrama lantai 4 bisa dijalankan," jelas dia yang juga menjabat Asisten III Pemprov itu.


Sebelumnya, Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin mengatakan, perubahan status embarkasi haji penuh itu akan dicermati. Kemenag akan mengirimkan tim khusus guna verifikasi persyaratan dalam peningkatan status bandara itu.


"Tim khusus itu untuk menilai segala persyaratan yang harus dipenuhi. Jika semua persyaratan menjadi embarkasi haji penuh sudah lengkap, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak menjadikan Lampung menjadi embarkasi haji penuh,” ungkapnya. (ira).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos