Marinir Bakal Diplot Jadi Kontributor Berita Lapangan

img
Puluhan prajurit Korps Marinir (Kormar) dilatih untuk menulis berita online. Foto: RMOL.CO

Harianmomentum-- Kebutuhan informasi di era digital, memerlukan kontribusi laporan yang cepat. Khususnya, terkait laporan pemberitaan online.

Lewat Latihan Dalam Dinas (LDD) Jurnalistik dan Fotografi 2017, puluhan prajurit Korps Marinir (Kormar) pun dilatih untuk menulis berita online, Rabu (12/4).

"Jadi, nantinya, prajurit di lapangan juga diwajibkan mampu meliput dan berkontribusi terkait kegiatan di lapangan," ujar Kepala Sub Dinas Penerangan Umum (Kasubdis Penum) Dispen Kormar Mayor (Mar) Sutrisno di Batalyon Infanteri (Yonif) 4 Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, dikutip RMOL.CO.

Pelatihan yang digelar mulai tanggal 10-13 April 2017 itu diikuti 21 peserta dari satuan Pasukan Marinir (Pasmar) satu dan dua, Brigade Infanteri (Brigif) satu dan dua hingga Detasemen Jalamangkara (Denjaka). 

Mereka dilatih langsung oleh pemateri dari kalangan jurnalis profesional ibukota. Salah satunya, pemateri penulisan berita online oleh Pemred Kantor Berita Politik RMOL, Aldi Gultom. 

Menurut Aldi, untuk penulisan berita di media online haruslah singkat. Namun, tidak ada batasan berita.

"Jadi, memang unsur kelengkapan berita online, tidak seperti media konvensional. Karena sifatnya berkala. Ada berita pendahuluan, laporan pandangan mata, materi acara, doorstop, dan angle lainnya. Itu masih dal satu kegiatan," ujar Aldi.(Red)


Editor: Harian Momentum


Leave a Comment