KLHK Gelar Workshop Perhutanan di Tanggamus

img
Workshop Perhutanan yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di Kabupaten Tanggamus.

Harianmomentum.com --Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan Workshop Perhutanan Sosial Tahun 2018, Selasa (27/2). 


Kegiatan yang berlangsung di Aula Hotel 21 Gisting, Kabupaten Tanggamus itu mengusung tema Sinergitas Pengelolaan Perhutanan Sosial untuk Mewujudkan Masyarakat Sejahtera Hutan Lestari. 


Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Zainal Abidin MT diwakili Asisten Bidang Ekobang FB. Karjiyono dalam sambutanya mengatakan, program Hutan Kemasyarakatan (HKm), Hutan Desa (HD) dan Hutan Taman Rakyat (HTR) merupakan salah satu skema pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan hutan. 


“Program-program tersebut dilaksanakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2007. Tujuanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar hutan dan penciptaan model pelestarian hutan," kata Karjiyono. 


Terkait hal tersebut, Pemkab Tanggamus berkomitmen mendukung kelancaran pelakasanan program Hkm, HTR dan HD, melalui berbagai upaya. 


“Tujuan workshop ini  untuk memperluas jaringan/mitra kehutanan dalam melaksanakan pengamanan hutan, pelaksanaan keamanan dan ketertiban masyarakat (KAMTlBMAS), serta pengawasan gerakan-gerakan radikalisme,” terangnya. 


Dia berharap, melalui kegiatan tersebut, gabungan kelompok tani (Gapoktan) HKm lebih memahami peraturan yang berlaku dalam pelaksanaan program di lapangan. 


”Lewat  kegiatan ini, seluruh pihak terkait diharpakan dapat lebih memahami berbagai aturan dalam pelaksanaan program kehutanan,” harapnya. 


Workshop tersebut perwakilan 41 Gapoktan Hkm dari 13 kecamatan di Kabupaten Tanggamus dan para petugas penyuluh kehutanan swadaya masyarakat. (day/zal)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos