Lamtim Gelar Festival Ogoh-Ogoh

img
Plt Bupati Lamtim Zaiful Bokhari membuka Festival Ogoh-Ogoh di Kecamatan Raman Utara

Harianmomentum.com--Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Timur (Lamtim) Zaiful Bokhari membuka Festival Ogoh-Ogoh dan Balaiganjur di Desa Rejobinangun, Kecamatan Raman Utara, Minggu (11/3).


Zaiful mengatakan, selain sebagai sarana promosi wisata, festival tersebut merupakan bentuk upaya Pemkab Lamtim untuk melestarikan seni budaya. 


"Kebudayaan merupakan cipta, rasa dan karya manusia  untuk sesama maupun kepada sang pencipta. Ogoh-ogoh dan Balaiganjur merupakan warisan budaya yang harus kita pelihara sebagai aset pemersatu bangsa," kata Zaiful. 


Dia berharap melalui beragam festival yang difasilitasi Pemkab Lamtim dapate memberi ruang interaksi kebudayaan yang berkembang dalam tatanan kehidupan sosial masyarakat. 


Hal senda dikatakan Ketua Parisade Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Lamtim I Wayan Sutarja. Menurut dia, pagelaran prosesi budaya Ogoh-Ogoh dan Balaiganjur merupakan rangkaian acara peringatilan Hari Raya Nyepi. 


"Makna yang terkandung dalam prosesi Ogoh-Ogoh dan Balaiganjur adalah sebagai intropeksi diri manusia, untuk memberikan hal yg lebih baik bagi alam semesta," terangnya. 


Festival Ogoh-Ogoh dan Balaiganjur kali ini diikuti masyarakat suku Bali dari lima kecamatan di Kabupaten Lamtim. Turut hadir pada acara pembukaan festival tersebut sejumlah pejabat dan para camat se-kabupaten setempat. (rif)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos