Tiket Kereta Api Angkutan Lebaran Sudah Bisa Dipesan

img
Angkutan kereta api. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Hari Idul Fitri pada 2018 masih beberapa bulan lagi. Namun, masyarakat sudah bisa memesan tiket kereta api untuk mudik lebaran mulai 7 sampai 24 Maret ini.


Manager Humas PT PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre IV Tanjungkarang, Bandarlampung Franoto Wibowo mengatakan berdasarkan kalender nasional, hari Idul Fitri pada 2018 ini akan jatuh pada 15-16 Juni mendatang. 


PT Kereta Api Indonesia menetapkan masa angkutan lebaran 2018 selama 22 hari, mulai 5 Juni 2018 (H-10) hingga 26 Juni 2018 (H+10). Calon penumpang dapat memesan tiket mulai H-90 sebelum keberangkatan, mulai 7 s.d 24 Maret 2018.


Menurut Franoto, PT KAI Tanjungkarang menyiapkan 45 unit kereta selama masa angkutan lebaran 2018. Jumlah tersebut naik sekitar 32 persen dibanding 2017 yang berjumlah 34 unit kereta.


"Penambahan ini disebabkan Divre IV Tanjungkarang mendapatkan 11 unit kereta K3 Premium yang datang pada tanggal 4 maret 2018," ujar Franoto.


Franoto mengungkapkan, untuk KA Sriwijaya dan Rajabasa, melayani pemesanan tiket 24 jam melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI.


Sedangkan untuk KA Lokal Tanjungkarang-Kotabumi PP, kata dia, tiket hanya dijual di Loket stasiun pada 3 jam sebelum pemberangkatan KA.


Franoto menuturkan, pemesanan tiket melalui KAI Access banyak sekali keuntungannya. Salah satunya adalah adanya fasilitas yang tidak dimiliki pada channel lain, yakni E-boarding pass. E-boarding pass merupakan boarding pass elektronik yang diterbitkan melalui aplikasi KAI Access versi terbaru.


"Dengan adanya e-boarding pass, para pengguna KA cukup menunjukkan e-boarding pass pada layar smartphone mereka kepada petugas boarding, tanpa harus mencetak di mesin cetak boarding pass CIC (Check In Counter)," jelasnya.


Menurut Franoto, pada masa angkutan Lebaran tahun 2018 ini, KAI memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket. 


Selain itu, KAI juga memperkuat sistem keamanan dengan meng-upgrade sistem firewall untuk meminimalisasi risiko adanya gangguan sistem IT serta mengoptimalkan server-server penjualan tiket KA. 


Untuk menyukseskan masa angkutan lebaran 2018 ini, lanjut Franoto, seluruh pegawai PT KAI Divre IV Tanjungkarang dikerahkan untuk membantu pelayanan kepada pengguna jasa KA yang akan bepergian ke kampung halamannya dan tidak diperkenankan mengambil cuti.


Kemudian untuk keselamatan perjalanan KA, KAI Divre IV Tnk meningkatkan pengawasan di daerah-daerah rawan dengan menyiagakan 30 petugas posko dan alat material untuk siaga (AMUS) berupa batu balas/kricak, bantalan rel, pasir, dan lainnya.


Selain itu, juga menambah petugas penjaga pelintasan KA sebidang sebanyak 30 orang serta petugas pemeriksa jalur KA sebanyak 58 orang. Selain itu, tenaga flying gank disiagakan 24 jam apabila terjadi rinja (rintang jalan) atau PLH (peristiwa luar biasa hebat).


Di samping itu Divre IV Tnk juga menyiapkan tenaga keamanan angkutan lebaran dari internal (Polsuska dan satpam) serta eksternal (TNI/Polri). 


Sebanyak 34 tenaga Polsuska akan mengamankan di Stasiun, di perjalanan KA dan di jalur KA. Sementara 252 personel satpam akan menjaga di tiap stasiun dan aset KAI. Sedangkan tenaga eksternal dari TNI/Polri sebesar 208 personel disiagakan untuk menjaga stasioner, parkir, dan jalur KA," katanya. (ira).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos