Pariwisata Lampung Timur Serap Sekitar 3.500 Tenaga Kerja

img
?Pjs Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari dan Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno. Foto. Arf.

Harianmomentum.com--Pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Lampung Timur pada 2017 menyerap sekitar 3.493 tenaga kerja yang teridiri dari dari 2.284 pedagang dan 1.209 penyedia jasa dengan perputaran transaksi mencapai Rp5 miliar.


"Tenaga kerja itu teridiri dari 2.284 pedagang dan 1.209 penyedia jasa yang terkait dengan pariwista," ujar Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2018 Kabupaten Lampung Timur di Gedung Pusiban Komplek Perkantoran Pemkab setempat, Rabu (21/03).


Musrenbang dihadiri Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno, Sekda Lamtim Syahrudin, dan sejumlah pejabat pemprov. Yaitu, Kepala Dinas Pariwisata Budiarto, Kepala Badan Lingkungan Hidup Fiter Sabudin, Kepala Dinas Peternakan Desi Romas, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Jayadi.


Menurut Zaiful Bokhari, pembangunan sektor pariwisata gencar dilakukan sejak memimpin Lampung Timur bersama Bupati Chusnunia. Hasilnya, hingga kini menunjukkan perkembangan yang menggembirakan.


Sejak 2016, kata dia, telah bermunculan destinasi wisata baru di beberapa desa yang dikelola secara swadaya oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat. "Ini perkembangan yang menggembirakan yang harus didukung dan disyukuri,” ungkap Zaiful Bokhari.


Karena itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur pada anggaran 2018, mengalokasikan dana untuk pengembangan destinasi wisata berbasis masyarakat. "Karena kami meyakini bahwa sektor pariwisata memiliki multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi, daya saing, dan citra daerah,” katanya.


Sementara Pjs. Gubernur Lampung dalam sambutannya mengharapkan musrenbang yang dilaksanakan setiap tahun, tidak terjebak pada rutinitas dan hanya menunaikan kewajiban rangkaian proses perencanaan. 


Namun harus mampu memanfaatkan musrenbang untuk mendengarkan kebutuhan masyarakat dan stakeholder pembangunan, tegas Didik.


Selain itu, kata Didik Suprayitno, pelaksanaan musrenbang diharakan menjadi sarana dalam memformulasikan program kerja yang mampu memberikan daya ungkit kuat bagi pembangunan.


Usai menghadiri musrenbang, Pjs Gubernur Lampung bersama rombongan mengunjungi perusahaan perkebunan PT Nusantara Tropical Farm (NTF) di Kecamatan Labuhanratu. (arf).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos