Nunik Optimistis Desa Wisata Dongkrak Ekonomi Pedesaan

img
Desa wisata Trikesuma, Kabupaten Lampung Timur./ist

Harianmomentum.com--Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Lampung nomor urut tiga Chusnunia atau Nunik mengaku optimistis pembangunan desa wisata akan mendongkrak ekonomi pedesaan di wilayah setempat.

 

“Jika dipercaya memimpin Provinsi Lampung ke depan, Arinal-Nunik akan bangun desa wisata untuk mendorong perekonomian di pedesaan,” ujar Nunik di Lampung Timur, Kamis (12/4).

 

Menurut dia, ekonomi pedesaan bukan hanya didorong dari pertanian, bisa juga melalui sektor pariwisata melalui sistem ekowisata.

 

Pasangan nomor  urut tiga itu mengungkapkan potensi desa wisata di Provinsi Lampung belum digali, padahal potensi pintu gerbang Pulau Sumatera ini sangat besar.

Salah satunya Kabupaten Lampung Timur, dalam satu tahun terakhir selama dirinya menjabat sebagai bupati sudah mendirikan desa wisata melalui program ekowisata dengan melibatkan warga desa setempat.  “Alangkah baiknya program ini bisa diikuti oleh seluruh wilayah di Lampung,” ujarnya.

 

Pasangan Arinal Djunaidi dalam Pilgub Lampung 27 Juni mendatang itu melanjutkan, akan membangun pariwisata dengan memberikan anggaran khusus sekaligus menggerakkan masyarakat untuk bergotong-royong demi kemajuan pariwisata desa.

 

"Karena wisata desa memiliki banyak peluang ekonomi kepada masyarakat," paparnya.

 

Kabupaten Lampung Timur dalam kepemimpinan Nunik gencar mengembangkan pariwisata. Pada tahun ini tidak kurang dari 100 festival yang digelar di daerah itu untuk mendorong pengembangan pariwisata, termasuk wisata desa. Di antara sukses pariwisata di daerah itu, setiap digelar Festival Waykambas, dihadiri puluhan ribu pengunjung. 

 

Pada saat ini program tersebut masih berjalah bahkan tengah menggelar platihan  desa wisata, yang fungsinya untuk  menciptakan lapangan pekerjaan melalui wisata desa. Harapannya semua desa dapat menciptakan lapangan pekerjaan melalui wisata desa.(red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos