Jamin Kesejahteraan Petani, Arinal-Nunik Sosialisasikan Kartu Tani Berjaya

img
Cagub Lampung nomor urut tiga, Arinal Djunaidi saat kampanye terbuka terbatas di Desa Jatiindah, Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Jumat (13/4).

Harianmomentum.com--Guna memberikan jaminan kepada petani, Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Nunik) gencar sosialisasikan program Kartu Tani Berjaya di Provinsi Lampung.

 

Hal itu disampaikan Cagub Lampung nomor urut tiga, Arinal Djunaidi saat kampanye terbuka terbatas di Desa Jatiindah, Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Jumat (13/4).

 

"Program Kartu Tani Berjaya ini sudah kita launching atau luncurkan saat kampanye di Kabupaten Lampung Timur, peluncurannya hanya sebagai jaminan atas keseriusan Arinal-Nunik mendukung kesejahteraan masyarakat khususnya petani," kata dia.

 

Program itu, kata dia, untuk memberikan kepastian para petani agar tidak kesulitan mencari benih yang baik.

 

"Kami hadir inginkan Lampung lebih baik. Bagaimana caranya setiap petani mau tanam benihnya sudah ada dan berkualitas, kemudian pupuk tersedia ketika ingin digunakan, menyiapkan obat-obatan pertanian akan didukung oleh Kartu Tani Berjaya itu," katanya.

 

Selin itu, pembangunan infrastruktur jalan dan lainnya juga akan menjadi prioritas yang tidak kalah penting guna kemajuan masyarakat.

 

Arinal biasa dia disapa mengajak masyarakat Lampung untuk berani keluar dari kemiskinan.

 

“Kita harus punya keberanian dan tekad, harus keluar dari kemiskinan. Lampung nomor 7 penghasil padi,  ke 3 penghasil jagung. Provinsi lain ngambil dari kita, tapi mengapa petani di Lampung masih banyak yang kesulitan. Itulah yang mendorong saya membuat Kartu Petani Berjaya,” ujarnya.

 

Syaratnya, lanjut Arinal, petani harus punya lahan. “Orangnya baik benar-benar usaha tani. Kita harus perangi kemiskinan bersama-sama. Infrastruktur tetap akan di perhatikan untuk menumbuh kembangkan, agar efisiensi produksi pertanian berjalan,” imbuhnya.

 

Menurutnya, semua orang menyatakan jalan di Lampung buruk.

 

“Jadi kita akan perbaiki, gak ada gunanya kalau produksi pertanian meningkat tapi jalan rusak, jadi harus benar-benar kita perbaiki. Gak ada lagi yang namanya jalan yang enam bulan baru di bangun sudah rusak,” terangnya.

 

Cagub yang berpasangan dengan Chusnunia ini menjelaskan ada pengembangan upaya pemberdayaan anak dan ibu-ibu.

 

“Nanti kita akan tingkatkat pengajian, akan ada pengajian akbar dan curhat akbar. Saya ingin juga ibu-ibu bagaimana punya kelompok, akan ada tim untuk melihat dan mencari potensi seperti apa yang ada di masyarakat agar ekonomi kreatif, UMKM bisa berkembang,” paparnya.

Arinal juga menambahkan akan memperbaiki kualitas pendidikan.

 

“Kualitas pendidikan kita perbaiki. Akan ada insentif untuk guru-guru ngaji. Agama adalah pemersatu, nanti akan kita perhatikan para pendidik-pendidiknya. Saya mengedepankan kebenaran dan pertolongan-pertolongan, rakyat itu membutuhkan pertolongan. Insya Allah Lampung akan terpandang di provinsi lainnya,” kata mantan Asisten II Pemerintah Provinsi Lampung ini.

 

Sementara warga Jatiindah, Musinah berharap bila Arinal dan Chusnunia terpilih harga sembako dapat turun.

 

“Merasa kesulitan apa-apa mahal, sembako pada mahal. Apalagi orang gak punya, namanya juga  cuma buruh jadi merasa sulit," kata dia.

 

Ia juga berharap harga sembako diturunkan, disesuaikan dengan penghasilan para buruh. (rls/red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos