Menpora Dorong Pengembangan UMKM dan Wisata di Pulau Pisang

img
Menpora Imam Nahrawi berdialog dengan pelaku usaha kerajian sulam Kain Tapis di Pulau Pisang, Kabupaten Pesisir Barat

Harianmomentum.com--Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mendorong Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Peisbar), Provinsi Lampung, terus melakukan upaya pengembangan potensi wisata dan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

 

Hal tersebut disampaikan menpora saat mengunjung Pulau Pisang, Kabupaten Pesisir Barat, Sabtu (14/4). Selain mengunjungi sejumlah obyek wisata unggulan, menpero juga meninjau industri masyarakat di pulau tersebut:  kerajinan sulam kain Tapis dan pembuatan kue tradisional Serabi khas Pulau Pisang.

           

"Berapa lama pembuatan kue serabi  ini bu dan berapa harganya satuanya," tanya menparo pada bu Ujah pelaku usaha rumah tangga kuliner tradisional di Pulau Pisang.

 

Menpora juga menyarankan, agar pembuatan kue Surabi  dilakukan lebih inovatif dengan mengedepankan ciri khas bahan kuliner setempat. 

 

“Bu bisa tidak pembuatan serabinya dicampur atau disajikan dengan ikan, ditambah sambal khas Pulau Pisang, biar lebih inovasinya," kata menpora.

 

"Kalu pembuatannya hanya lima menit pak, dan harga satuanya cuma seribu rupiah. Ini kan  Serabi kampung Khas Pulau Pisang, jadi memang seperti ini penyajiannya hanya dengan santan atau gula. Tapi bisa saja disajikan dengan inovasi menu lain, seperti ditambah dengan ikan dan sambal,"  jawab bu Ujah .

 

Di Pulau Pisang, menpora juga mengujungi gedung sekolah peninggalan zaman Kolonial Belanda yang hingga saat ini masih digunakan sebagai gedung Sekolah Dasar Negeri Pasar Pulang Pisang.

 

Kepada para siswa SDN setempat, Menpora membarikan memotivasi untuk terus rajin belajar agar kelak bisa menjadi manusia yang berguna membangun daerah dan bangsa Indonesia. 

 

Menporo juga meminta doa dan dukungan dari para siswa SDN tersebut, agar atlet Indonesia yang akan bertanding pada Asean Games 2018, bisa menorehkan prestasi membanggakan.

  

Kunjungan menpro ke Pulau Pisang merupakan rangkain agenda pembukaan kejuaraan surfing internasional bertajuk Krui Pro 2018, yang digelar di Pantai Tanjungsetia Kabupaten Pesibar. 

 

Sehari sebelumnya (Jumat 13/4), menpora juga membuka kick of  kompetisi sepak bola Liga Santri Nasional Sub Regional I Lampung di Lapangan Labuhanjukung, Kabupaten Pesibar. (asn)    

 

 







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos