Panitia HUT V Pesisir Barat Dinilai Abaikan Peran Media Lokal

img
HUT Kabupaten Pesisir Barat dimeriahkan lomba surving. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) V Kabupaten Pesisir Barat selalu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan budaya hingga kompetisi surving, Krui Pro Surving Competition.


Berbagai even itu dinilai sebagai kesempatan baik untuk mempromosikan potensi yang dimiliki Pesisir Barat. Salah satu cara promosi yang paling efektif, melalui peliputan dan ekspose media.


Namun pada peringatan HUT V Kabupaten Pesisir Barat pada 2018, panitia HUT `mengecilkan` peran media lokal dengan tidak mengundang pada setiap kegiatan yang digelar.


Tidak dilibatkannya media lokal dalam kegiatan HUT V Pesisir Barat, diakui Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat, Agustiawan. 


"Secara resmi kita tidak ada undangan ataupun MoU dari panitia HUT dan satker terkait (dengan media setempat)," ujarnya, Minggu (15/4/2018).


Karena itu, Agus mengaku tidak bisa menyalahkan media atau wartawan, terutama yang tergabung dalam PWI, jika ternyata kegiatan peringatan HUT Pesisir Barat tahun ini minim liputan media.


Hal senada diungkapkan Chairulloh AY, tokoh masyarakat setempat. Menurutnya, panitia HUT ataupun satker terkait, terutama Dinas Pemuda dan Olahraga, merangkul media.


"Dispora harus merangkul media, itu tidak bisa ditawar. Momentum HUT Pesibar ini sakral. Segala bentuk kegiatan yang membawa nama baik Kabupaten Pesisir Barat harus diekspose ke dunia luar. Karena media, kabupaten kita bisa go-Internasional," Kata Chairullah melalui sambungan ponsel.


Saat disinggung terkait minimnya anggaran karena Pemkab Pesibar sedang membangun kompleks perkantoran, Choirul menganggap alasan tidak tepat.  


"Oke-oke saja minimnya anggaran adalah salah satu kendala, tetapi demi kemajuan daerah, para satker harus mampu bertindak bijak. Apalagi ini untuk kemajuan daerah jangan sungkan merangkul media," tegas Chairul. 


Selain itu, di berbagai kesempatan, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal selalu mengajak peran media untuk mengekspose kegiatan pemkab serta pembangunan yang ada di pesisir barat. 


Media harus tampil bersama pemerintah, tentu secara profesional saling sinergi mengekspose program serta pembangunan agar kabupaten kita lebih dikenal lagi di dunia, kata bupati.


Setiap tahun, HUT Pesisir Barat yang jatuh pada 22 April, dimeriahkan berbagai kegiatan budaya dan olahraga. Dinas Pariwisata dan Dinas Pemuda dan Olahraga menjadi motor penggerak utama dalam kegiatan itu. (agu).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos