Harkitnas, Rektor UIN: Eksekutif dan Legislatif Harus Evaluasi Diri

img
Rektor UIN Raden Intan Moh Mukri. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110, hendaknya dijadikan momentum bagi seluruh lembaga eksekutif dan legislatif mengevaluasi diri.

 

Menurut Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Provinsi Lampung, Moh. Mukri, sejak awal bangsa ini didirikan, semangatnya adalah kebersamaan dan keberagaman. Karena itu pemerintah tidak boleh kalah oleh kelompok yang ingin memecah-belah bangsa.

 

“Seluruh masyarakat dan pemerintahan harus sama-sama mengevaluasi diri, agar Harkitnas benar-benar menjadi momen kebangkitan bangsa, dari segala bidang," ujar Mukri yang juga Ketua PWNU Lampung ini, Minggu (20/5).

 

Menurut Mukri, beberapa tahun belakangan momen Harkitnas selalu diisi dengan demonstrasi oleh mahasiswa sebagai bentuk protes dan kritik terhadap kinerja pemerintah.

 

"Kritik, protes silakan saja. Yang tidak boleh itu anarkis. Kalau demo, kemudian tujuan dari demo itu jelas, aspirasi bisa tersampaikan dan tersalurkan dengan baik, ya silakan saja. Tidak ada yang melarang," jelasnya.

 

Mukri juga meminta, agar peringatan Harkitnas ke-110 dapat dimaknai dengan cara yang produktif. Maksudnya ialah niat dan tujuan harus sama, yaitu untuk mensejahterkan masyarakat.

 

"Pemerintah harus bekerja keras untuk hal ini, jangan semuanya jadi abai karena satu atau dua hal yang hanya mengganggu kemajuan bangsa. Kita harus bersatu melawan segala bentuk kemunduran," pungkasnya. (ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos