BI Lampung Siapkan Rp3,1 Triliun untuk Penukaran Uang Baru

img
Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Lampung, Budiharto Setyawan. Foto. Ica.

Harianmomentum.com--Bank Indonesia Perwakilan Lampung menyiapkan Rp3,1 triliun untuk penukaran uang baru pada lebaran tahun ini. Jumlah tersebut akan bertambah sesuai permintaan.

 

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Lampung, Budiharto Setyawan menyebutkan, jumlah uang yang disiapkan BI Lampung itu lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp 3,054 triliun.

 

"Dengan kondisi tersebut diharapkan kecukupan uang kertas dan logam akan terjaga baik secara nominal ataupun pecahan," ucapnya saat konferensi pers, Rabu (23/5/2018).

 

Ia melanjutkan, tahun ini sama dengan tahun sebelumnya, untuk mempermudah proses penukaran Bank Indonesia menggandeng Bank Mandiri, Bank Mandiri Syariah, BCA,BRI, BNI dan Bank Lampung. “Masyarakat bisa langsung datang ke seluruh cabang perbankan yang sudah kerjasama dengan BI untuk penukaran uang baru,” ujarnya.

 

Selain itu, Bank Indonesia bersama perbankan daerah juga terus berkoordinasi untuk perkuat kinerja, sehingga masyarakat tidak kesulitan melakukan penukaran. 

 

Selanjutnya dari sisi jangkauan maupun freukuensinya Bank Indonesia akan melakukan layanan penukaran uang pecahan kecil di beberapa lokasi mulai 23 Mei – 6 Juni 2018.

 

“Khusus pada 5-6 Juni 2018, KPW BI Lampung dan perbankan akan membuka layanan penukaran uang baru di Lapangan Saburai,” kata Budi.

 

Kemudian, untuk pemerataan dan kelancaran dalam proses penukaran bersama di Lapangan Saburai, Bank Indonesia menyediakan paket penukaran senilai Rp6 juta terdiri dari pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, dan Rp2 ribu.

 

Ia mengimbau masyarakat untuk waspada ketika melakukan transaksi dengan memastikan uang rupiah yang diterima adalah uang asli melalui pengecekan cepat metode 3D (dilihat, diraba, diterawang). 

 

"Uang asli memiliki kualitas cetak baik, ada benang pengaman, terasa kasar apabila diraba, tampak tanda air, gambar tersembunyi, dan gambar saling isi ketika diterawang di bawah cahaya," paparnya. (ica)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos