Hanya 4 Bus Penuhi Syarat Angkutan Lebaran

img
Tim Gabungan Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Metro memasang stiker kelaikan kendaraan di Terminal 16c Mulyojati Kota Metro. Foto. Pie.

Harianmomentum.com--Dari 15 bus, hanya 4 unit yang dinilai laik beroperasi untuk angkutan Lebaran 2018. Sementara, 11 unit lainnya banyak mengalami kerusakan dan cacat administrasi perizinannya.

 

Hal itu terungkap saat Tim Gabungan Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres kota Metro melakukan sidak (inspeksi mendadak) di Terminal Mulyojati, Kota Metro, Kamis, 24 Mei 2018.

 

Menurut Kasatlantas Polres kota Metro AKP Muhammad Kasyfi Mahardika, pengecekan kendaraan ini rutin dilakukan tiap tahun untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan karena kendaraan tidak laik jalan tetap beroperasi.

 

"Pengecekan kendaraan dilakukan dari sisi teknis dan administrasi. Sisi teknis menyangkut sistem pengereman kendaraan, lampu, speedometer dan panghapus air lampu sen. Selain itu, pengecekan dilakukan pula terhadap kondisi ban yang erat kaitannya dengan keselamatan," ungkapnya.

 

Selain itu, untuk pengecekan administrasi antara lain izin trayek, kartu pengawasan, buku uji KIR dan kelengkapan surat lainnya di lakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Metro.

 

"Pemeriksaan kelaikan kendaraan bermotor sesuai prosedur. Setiap kendaraan bus yang masuk terminal harus diperiksa kelaikannya. Jika ditemukan pelanggaran harus dilakukan penilangan. Baru setelah itu tindak lanjut misalnya kembali ke pool untuk dilakukan perbaikan," tegasnnya. (pie).

 

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos