Lebaran 2018, Lampung Siagakan 295 Puskes dan 3 Posko Bersama

img
Posko kesehatan lebaran. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung menyiagakan 295 pusat kesehatan (puskes) dan tiga posko bersama. Posko ini beroperasi mulai H-7 hingga H+8 lebaran 2018.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana usai mengikuti inspeksi mendadak Satuan Tugas Pangan Lampung ke Carrefour Transmart dan Mall Boemi Kedaton, Senin (4/6).

 

Reihana menuturkan, 3 posko kesehatan bersama tersebut akan ditempatkan di Pelabuhan Bakauheni, Panjang dan Terminal Rajabasa.

 

"Biasanya kita tempatkan di 3 tempat itu. Setiap posko disediakan 1 dokter, 2 perawat, 1 driver dan 1 ambulance," ungkapnya.

 

Selain itu, kata Reihana, Dinkes juga menyediakan pijat kebugaran akupreasur gratis di setiap posko bersama yang diperuntukkan bagi pemudik.

 

"Biasanya ini ramai peminatnya, karena kita menyiapkannya gratis. Jadi yang capek, lelah silahkan mampir untuk memulihkan kebugarannya," kata dia.

 

Lebih lanjut Reihana menyampaikan, selain menyediakan posko tetap, Dinkes juga telah bekerja sama dengan dinas perhubungan untuk tim medis mobile.

 

Tim ini, lanjut dia, nantinya yang akan melakukan mobilitas disepanjang jalan tol, dan Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin yang akan stanby untuk tim mobile ini.

 

"Semua puskes dan rumah sakit akan disiagakan untuk mudik lebaran ini," tegasnya.

 

Sementara itu, untuk pengecekan kesehatan bagi supir bus, pihak dinas kesehatan akan menempatkannya di Terminal Rajabasa.

 

"Ya untuk pengecekan supir, kita juga menyediakannya, tapi hanya di Rajabasa, karena itu terminal besarnya. Kita melakukan kerjasama dengan dinas perhubungan terkait hal ini. Yang kita pastikan adalah kesehatan dan soal pengaruh Narkoba," pungkasnya. (ira).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos