Sopir Mengantuk, Dua Truk ‘Adu Kambing’ di Jalinbar Tanggamus

img
Dua truk rusak parah setelah tabrakan di Jalinbar Tanggamus Kamis dinihari.

Harianmomentum-- Diduga sopir mengantuk, dua truk tabrakan di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Pekon Gisting Permai Kabupaten Tanggamus, Kamis (04/05/17) sekitar pukul 05.30 WIB.

Kecelakaan ini melibatkan Mitsubishi Fuso nopol BE 9582 NH bermuatan besi rongsokan dengan truk Hino Dutro nopol BD 8245 PK dengan muatan kelontongan.

Menurut Kanit Lantas Bripka Rudy Prawira mendampingi Kasat Lantas Polres Tanggamus AKP Sofyan mengatakan, kecelakaan itu diduga akibat pengemudi Hino Dutro bernama Gurzali (44) mengantuk.

Sehingga, kendaraan yang dikemudikan oleh warga kabupaten Pasar Seluma Provinsi Bengkulu itu hilang kendali dan menabrak Mitsubishi Fuso yang dikemudikan oleh Rukun Santoso (50).

"Truk Hino yang bermuatan kelontongan berjalan dari arah Pringsewu menuju Bengkulu, karena kelelahan dan mengantuk sehingga keluar jalur dan menabrak Fuso yang datang dari arah berlawanan," kata Rudy ditemui di lokasi kejadian.

Dilanjutkan Rudy, Rukun Santoso pengemudi Fuso sudah mencoba memberitahu pengemudi Hino dengan cara menyalakan klakson berulang-ulang, namun cara tersebut tidak berhasil.

"Ya, sudah dicoba klakson berkali-kali, tapi namanya mengantuk jadi tidak sadar, begitu bagun jarak sudah dekat dan tabrakan tidak bisa dihindarkan," kata dia.

Akibat kecalakaan tersebut, pengemudi truk Hino mengalami patah kaki, sementara Rukun Santoso pengemudi Fuso beserta kernetnya hanya mengalami luka ringan.

"Kedua kendaraan sama-sama rusak berat dengan bagian depan sama-sama ringsek,” jelasnya.

Usai tabrakan, posisi Gurzali terjepit, butuh waktu 30 menit untuk mengevakuasinya, kemudian dibawa ke RS Panti Secanti Gisting untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Rudy juga mengimbau kepada para pengendara khususnya pengemudi truk untuk memperhatikan kondisi tubuh dan mesin kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

"Kalau sudah merasa lelah dan mengantuk jangan dipaksakan, istrirahat dulu sejenak, kalau sudah segar lagi baru lanjutkan perjalanan," ujarnya. (red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos