KPU Berharap Parpol Semakin Matang

img
ilustrasi, Foto: Google

Harianmomentum--Komisioner KPU RI Hasyim Asy'ari menilai penyelenggaraan Pilkada Serentak 2017 di 101 daerah berjalan relatif baik.

Menurutnya pelembagaan demokrasi prosedural makin membaik dan diterima secara luas, dikutip RMOL.CO.

"Indikatornya konflik dalam Pilkada diselesaikan melalui jalur kelembagaan yang ada seperti Panwaslu, Bawaslu Provinsi, DKPP dan Mahkamah Konstitusi," kata Hasyim dalam acara Ngobrolin Pemilu (Ngopi) yang digagas Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) di Media Center KPU RI, Jakarta, Jumat (5/5).

Sementara itu lanjut Hasyim, partai politik juga makin terkonsolidasi. Pada Pilkada Serentak 2017, hanya ada satu kepengurusan partai yang berkonflik di tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Namun, meski hanya satu tapi dinamika konflik di daerah tetap saja tinggi karena berkaitan dengan pemenuhan syarat pencalonan. Berkurangnya dukungan satu parpol dapat mengakibatkan gagalnya bakal pasangan calon menjadi pasangan calon. Keberadaan satu parpol dapat memengaruhi komposisi kursi atau suara minimal yang dibutuhkan untuk pengajuan pasangan calon.

"Kalau konflik internal partai dan kegandaan kepengurusan berlanjut akan menjadi beban juga bagi KPU ketika melakukan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2019. Karena itu, kita berharap konsolidasi partai semakin matang dan kegandaan kepengurusan diselesaikan di internal," hara Hasyim. (Red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos