Kuota CPNS Lampung Terancam Tak Terpenuhi

img
Antre msuk tes CPNS. Foto. Dok.

Harianmomentum.com--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terancam tidak dapat memenuhi kuota formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. 

Pasalnya, dari 2.520 peserta yang mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS, hanya 116 orang atau 4,6 persen yang mampu mencapai passing grade. Padahal Lampung menyediakan formasi 256 CPNS.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Rusli Syofuan, hal itu berarti ada 2404 peserta yang tidak lolos, ditambah dengan 297 orang peserta yang tidak hadir tes SKD. Dari 2817 peserta yang lolos verifikasi berkas, yang tidak hadir 297 orang.

“Jadi yang tidak lolos passing grade 2404 orang, yang lolos passing grade hanya sebanyak 116 orang. Sedangkan dari 2817 peserta yang lolos verifikasi, ada 297 orang yang tidak hadir dan secara otomatis juga tidak lulus,” jelas Rusli kepada media, Rabu (7/11).

Dia mengatakan, yang tidak masuk passing grade, sesuai dengan regulasi yang ada maka otomastis dinyatakan tidak lulus. Namun demikian, pihaknya masih menunggu petunjuk pusat, mengenai kelulusan akhir nanti.

“Seharusnya yang tidak menuhi passing gradr ya gak lulus lah,” kata dia.

Sementara Kepala Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta Istati Atidah mengaku hingga kini masih menunggu keputusan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) terkait aturan jika di satu formasi tidak ada yang lolos passing grade. Apakah dilakukan perangkingan ulang, atau tetap kosong berdasarkan hasil tes.

“Untuk hal itu masih dirapatkan dirapatkan di Panselnas di BKN Pusat,” tuturnya. (ira).



Leave a Comment