Bupati Lambar Resmikan Tugu Soekarno

img
Bupati Lambar Parosil Mabsus menandatangani prasasti peresmian Tugu Ir. Soekarno di Pekon Sukapura, Kecamatan Sumberjaya

Harianmomentum.com--Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus meresmikan tugu Ir. Soekarno di Peko/Desa Sukapura, Kecamatan Sumberjaya, Rabu (14/11/2018). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Peresmian Tugu Proklamator Kemerdekaan Indonesia itu bagian dari rangkaian acara Festival Kebangsaan yang digelar pemkab setempat.

Bupati Lambar Parosil Mabsus mengatakan, tugu tersebut sengaja dibangun untuk mengenang sejarah, kiprah Ir. Soekarno membuka dan mengembangkan wilayah Kecamatan Sumberjaya dengan menempatkan penduduk transmigrasi dari eks anggota Badan Rekontruksi Nasional pada 14 November 1952.

"Peresmian tugu ini bagian dari kegiatan Festival Kebangsaan yang pertama kali kita gelar. Tujuanya adalan mengingat sejarah perjuangan Bung Karno menepatkan transmigrasi dari eks anggota Badan Rekontursi Nasional di Kabupaten Lampung Barat, tepatnya di Kecamatan Sumberjaya," kata Parosil.

Dia melanjutkan, tujuan Festival Kebangsaan buka sekedar mengenang sejarah. Lebib dari itu sebagai sarana promosi pengembangan potensi pembangunan di Kabupaten Lambar.

"Semoga lewat Festival Kebangsaan ini, pengembangan potensi pembangunan di Kabupaten Lampung Barat akan semakin meningkat. Sekaligus memperkuat, pemahaman masyarakat tentang pentingnya pengamalan nilai-nilai dan semangat nasionalisme dalam menyukseskan pembangunan," terangnya. (lem)




Leave a Comment