Lapas Kalianda Pindahkan Tahanan Antisipasi Over Kapasitas

img
Illustrasi. Foto: Gogle.

Harianmomentum--Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Kalianda memmindahkan warga binaan guna mengantisipasi over atau kelebihan kapasitas tahanan di pusat penahanan tersebut.

 

"Pemindahan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya tahanan titipan dari pihak kepolisian maupun kejaksaan pada bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah," ujar Kepala Lapas Klas II A Kalianda Muchlis Adjie, diwakili oleh Kepala KPLP Sutarjo, Jumat (2/6).

 

Menurut Sutarjo, terhitung bulan Mei 2017 saja, sudah ada sekitar 200 warga binaan dipindahkan ke sejumlah Lapas yang berada di seluruh Lampung.

 

"Kami pindahkan ke Lapas Wayhui, Lapas Metro, Lapas Kotabumi. Sebelum kami pindahkan, kami melakukan koordinasi terhadap Lapas terkait," kata dia. 

 

Jika Lapas terkait menyanggupi, ia melanjutkan, maka segera dilakukan pemindahan.

 

Ia melanjutkan, untuk tahun 2017 ini saja jumlah tahanan titipan yang di dalam Lapas saja sudah melebihi dari jumlah tahanan Lapas pada tahun lalu, ditambah lagi banyaknya jumlah tahanan titipan yang terlibat kasus narkoba, sehingga kapasitas yang ada semakin banyak.

 

"Sampai awal Ramadhan ini, seluruh WBP dan tahanan titipan sudah mencapai 651 orang kalau tahun lalu hanya sekitar 600 orang. Kemungkinan akan terus bertambah, mengingat jumlah angka kriminal setiap menjelang hari raya akan meningkat," pungkasnya.(Bob)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos