Cegah Penyebaran Demam Berdarah, Dinkes Giatkan Fogging

img
Foging di Lampung Utara. Foto. Ysn.
Lampung Utara

Harianmomentum.com--Guna menekan penyebaran penyakit demam berdarah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Utara (Lampura) melakukan foging di lokasi yang terdapat kasus terjangkitnya wabah penyakit ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Neli Kusriyanti saat ditemui di lokasi foging menyatakan, foging ini telah berjalan sesuai tahapan yang semestinya. 

Beberapa hari yang lalu pihaknya telah melakukan foging di lingkungan sekolah di daerah Kotabumi. Sudah 21 sekolah yang difoging termasuk di daerah Kotaalam, Kelapatujuh, Punai. 

"Hari ini dan besok ke luar kecamatan kota seperti Desa Ketapang, Sungkai Selatan dan Desa  Tulangbawang Bungamayang," ujar Neli, Selasa (22-1-19).

Menurut dia, penyakit yang kerap mewabah di musim penghujan ini harus senantiasa diantisipasi dan diwaspadai oleh masyarakat dengan menjaga lingkungan sehat dan bersih. Di antaranya melalui 3 M yakni, menutup, mengubur atau menimbun serta menguras bak mandi. 

"Selama Januari ini, data yang masuk ke dinas sudah ada 27 kasus DBD yang tersebar di Lampung Utara. Selain melakukan foging kami juga membagikan abate untuk membunuh jentik nyamuknya," kata Neli.

Dia pun berharap, adanya foging dan pembagian abate serta antisipasi dan kewaspasaan masyarakat laju wabah DBD bisa ditekan. " Ya kami berharap masyarakat melakukan upaya preventif. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati," ucapnya (ysn).



Leave a Comment