Cek Pasar Lampung, Kemendag Pastikan Kebutuhan Pokok Aman Jelang Ramadan

img
Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan Kasan (dua kiri) saat interaksi dengan pedagang cabai di Pasar Gintung Kota Bandarlampung./Ira Widya

Harianmomentum.com--Melakukan pengecekan harga pasar di Lampung, jajaran Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan kebutuhan pokok aman menjelang Ramadan 1440 Hijriah/2019 Masehi. 

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan Kasan saat meninjau Pasar Gintung Bandarlampung, Kamis (2-5).

Dia mengatakan, harga kebutuhan pokok secara umum menjelang Ramadan terpantau aman dan stok mencukupi.

"Untuk harga umumnya sih stabil, kecuali daging ayam dan bawang putih. tapi yang lainnya relatif stabil bahkan bawang merah, cabe rawit dan cabe keriting relatif turun," ungkap Kasan.

Turut hadir dalam sidak di antaranya Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan, Kasan, Kepala Perwakilan BI Lampung Budi Setyawan, dan Kepala Bulog Divre Lampung Attar Rizal.

Berdasarkan pantauan di pasar tradisional tersebut, harga bawang putih menunjukkan harga cukup tinggi yakni berkisar Rp40-50 ribu perkilogram.

Sementara itu, Provinsi Lampung menyiapkan stok bawang putih sebanyak 30 ton untuk mengantisipasi kekurangan komoditas tersebut.

"Kalau komoditas bawang putih itu kurang, kami akan meminta tambahan dari Kementerian Perdagangan," ujar Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Satria Alam saat sidak kebutuhan bahan pokok menjelang Ramadan di Pasar Pasir Gintung, Bandarlampung, Kamis (2-5-2019).

Satria Alam menuturkan, masih tingginya harga bawang putih tersebut diakibatkan suplai dari distributor berkurang sejak beberapa pekan terakhir.

Dia memperkirakan harga bawang putih akan kembali normal dalam beberapa pekan ke depan, menyusul akan ada tambahan stok komoditas sebanyak 30 ribu ton.

"Kami akan terus memantau harga kebutuhan pokok menjelang dan selama bulan Ramadan agar tidak melonjak," kata dia.(iwd)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos