Pasar Gisting Dapat Pasokan Tujuh Ton Bawang Putih

img
Pasokan bawang putih di Pasar Gisting. Foto. Glh.
Tanggamus

Harianmomentum.com--Pasar Gisting, Kabupaten Tanggamus, mendapatkan pasokan tujuh ton bawang putih, Selasa (14-5-2019). Produk bumbu masak ini dijual dengan harga Rp25 ribu/kg.

Menurut Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Tanggamus Soni Isnain, bawang putih tidak dijual eceran, tetapi dijual karungan. Satu karung berisi 20 kg bawang putih dengan harga Rp500 ribu.

"Kalau masyarakat ingin membeli harus patungan karena memang tidak diecer," ujar Soni saat meninjau Pasar Gisting bersama  Wakil Bupati AM. Syafii, serta Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Zulfadli.

Menurut Soni, pasokan bawang putih juga dilakukan pemerintah di sejumlah daerah di Provinsi Lampung, seperti pekan silam di Pasar Tugu Bandarlampung.

Sementara Syafi'i mengharapkan pasokan itu bisa menekan harga bawang putih yang belakangan ini melonjak. Sekaligus membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya terutama pasa Ramadan dan menjelang Idul Fitri 2019.

Sebetulnya konsumsi bawang putih ini tidak terlalu banyak, tetapi semua masyarakat membutuhkan. Diharapkan, pasokan bawang putih ini, mampu menekan harganya.

Pada bagian lain, dia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tanggamus saat ini sedang mengembangkan tanaman bawang putih di Kecamatan Ulubelu. Luasnya 26 hektare dengan dukungan dana dari APBN untuk 50 hektare. (glh/jal)




Leave a Comment