Puslabfor Polri Periksa Kebakaran di Pemkab Pringsewu

img
Petugas memeriksa puing-puing bekas kebakaran di ruang kerja Wakil Bupati Pringsewu.

Harianmomentum.com--Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri melakukan pemeriksaan, terkait penyebab kebakaran  di Kantor Pemerintah Kabupaten (pemkab) Pringsewu.

Tim forensik yang dipimpin Kompol. Karya Wijayadi itu beranggotakan Iptu Tatang Kukuh Wibawa dan Brigadir Kristian Dewantoro dari Bid Fiskompor Labfor Mabes Polri itu, tiba di Gedung Kantor Pemkab Pringsewu, Kamis (23-5) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kedatangan tim Mabes Polri disambut Kaur Bin Ops (KBO) Satreskrim Polres Tanggamus Iptu. Ramon Zamora.

Berdasarkan pantauan, tim gabungan tersebut kemudian memasuki salah satu ruangan guna meminta keterangan sejumlah saksi terkait kebakaran tersebut yang berakhir sekitar pukul 12.00 Wib.

Selanjutnya tim melakukan pemeriksaan sejumlah titik mulai dari sumber air dan pengaturan hydrant, sejumlah pengatur listrik kemudian melakukan olah TKP di tiga ruangan yang terbakar yakni ruang tunggu, ruang tamu dan ruang kerja wakil bupati H Fauzi.

Dalam waktu dua jam lebih, petugas kemudian keluar membawa barang terbakar diduga bekas lampu listrik dan ac yang dibungkus plastik bening, serta 1 bungkus diduga abu dan arang bekas kebakaran.

Dalam keteranganya, Ketua Tim Puslabfor Kompol Karya Wijayadi mengungkapkan pihaknya melaksanakan olah TKP kebakaran dengan kegiatan mendokumentasikan tempat kejadian kemudian mengumpulkan data-data teknis maupun pendukung yang lain terkait kebakaran tersebut.

Menurutnya barang bukti yang diamankan dari TKP, selanjutnya akan dibawa ke Puslabfor untuk dilakukan pemeriksaan lebih jauh. "Hasilnya nanti akan disimpulkan dan akan dibuatkan berita acara laboratorium forensik Bareskrim," ungkapnya.

Sementara, mewakili Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP Edi Qorinas, KBO Satreskrim Iptu Ramon Zamora menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan, kebakaran diketahui pada Selasa (21-5-19) sekitar pukul 11.10 Wib. "Hal itu berdasarkan investigasi dan pemeriksaan cctv yang ada di komplek Pemkab Pringsewu," terangnya.

Kemudian setelah terjadinya kebakaran tersebut langkah Polres Tanggamus dengan mengamankan TKP serta melakukan penjagaan.

Terkait penyebab kebakaran, Iptu Ramon belum dapat menyimpulkan kepastian sebab pihaknya masih menunggu hasil Puslabfor Mabes Polri yang baru saja melakukan olah TKP dan membawa sejumlah barang bukti.

"Penyebab belum dapat kami pastikan, namun barang bukti sudah diambil oleh Bareskrim dengan dibuatkan berita acara, kemudian meminta keterangan saksi-saksi untuk memperjelas suatu peristiwa dan selanjutnya menunggu hasil Puslabfor," terang Iptu Ramon Zamora.(lis)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos