Yuk ke Pulau Tegal Mas, Kalau Beruntung Bisa Berenang Bareng Hiu Paus

img
Pulau Tegal Mas, Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Foto:ist

Harianmomentum.com--Tak bisa dipungkiri, saat ini Provinsi Lampung sudah menjadi salah satu alternatif tujuan pariwisata utama nasional. 

Berbagai obyek wisata unggul terus bermunculan di provinsi paling selatan Pulau Sumatera itu. Setelah Pulau Pahawang, kini muncul Pulau Tegal Mas yang semakin viral di media sosial.

Pesona alam pulau seluas 120 hektare yang berada di wilayah Kabupaten Pesawaran itu disebut-sebut tidak kalah dengan taman laut Bunaken di Provinsi Sulawesi Utara atau Gili Trawangan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

foto: ist

Berdasarkan data dari pihak pengelola, 80 persen wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tegal Mas berasal dari luar Provinsi Lampung.

Rinciannya, 60 persen dari Provinsi Sumatera Selatan, 20 persen dari Jakarta dan Pulau Jawa, serta sisanya 20 persen merupakan wisatawan lokal.

Wisatawan yang berkujung ke Pulau Tegal Mas, juga tak perlu khawatir terkait fasilitas penunjang kenyanaman.

Pihak pengelola menyiapkan fasilitas penginapan berupa cottage bagi wisatawan. Saat ini ada 10 unit  cottage dengan tarif per unit Rp3 juta per malam. Tarif tersebut sudah berikut makan, diving, snorkling, kano dan banana boat. Setiap  cottage bisa ditempati enam orang.  

Untuk anda yang ingin lebih eksklusif, disediakan cottage di bibir pantai dengan ornamen bangunan khas rumah adat Suku Sasak, Lombok. Cottage Lombok itu dibanderol Rp4 juta per malam, plus makan, diving, snorkling, kano, dan banana boat. 

Fasilitas penginapan cottege Lombok di Pulau Tegal Mas

Pihak pengelola juga menyiapakan sarana restoran dan hiburan musik setiap akhir pekan.  

"Ada juga paket full day, dari pagi hingga sore seharga Rp170 ribu per pengunjung. Paket ini juga berikut makan siang dan pemanfaatan fasilitas yang ada," kata Wijaya petugas pengawas Pulau Tegal Mas. 

Untuk booking tempat, lanjut dia, pengunjung bisa memesan melalui akun instagram Tegal Mas Thomas Island on Instagram.

Berenang Bersama Hiu Paus

Snorkling di perairan Pulau Tegal Mas, bukan hanya sekedar menikmati keindahan alam bawah laut. Jika beruntung anda bisa bernang bareng raksasa laut Hiu Tutul  (rhincodon typus) atau yang lebih dikenal dengan nama Hiu Paus.

Perarian tropis memang menjadi habitat Hiu Paus. Selain di Indonesia, jenis Hiu Paus dapat dijumpai di  perairan Thailand, Maladewa, Filipina, Taiwan, Sri Lanka dan sebagian perairal laut Australia.

Ilustrasi. Foto: ist

Ukuran tubuh Hiu Paus rata-rata 9 sampai 12 meter, bahkan adanya yang bisa mencapai 18 meter, dengan lingkar tubuh lebih dari 2,1 meter dan bobotnya bisa mencapai puluhan ton.  

Meski bertubuh sangat besar, Hiu Paus sangat bersahabat dengan manusia. Hiu Paus bukan jenis hewan pemakan daging, makanan utamanya adalah plakton.

Untuk mencapai Pulau Tegal Mas, dari Kota Bandarlampung dapat ditempuh menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum menuju pantai Sari Ringgung, Kabupaten Pesawaran. Waktu tempuhnya hanay 35 sampai 45 menit.  

Perahu nelayan siap mengantar anda menyeberang ke Pulau Tegal Mas. Foto:ist

Dari Pantai Sari Ringgung, anda bisa menyewa perahu nelayan untuk menyeberang ke Pulau Tegal Mas. Tarifnya hanya Rp250 ribu per perahu. Satu perahu bisa memuat 10 orang. Waktu tempuh dari Pantai Sari Ringgun menuju Pulau Tega Mas hanya lebih kurang 20 menit. Selama perjalanan menyeberang ke Pulau Tegal Mas, anda bisa menikmati sensasi panorama laut, gugusan pulau dan pengunungan yang membiru di kaki langit.

Jadi tunggu apa lagi, yuk jalan-jalan ke Pulau Tegal Mas. (red)    




Leave a Comment