Menuju Kabupaten Sehat, Pringsewu Sosialisasi Sanimas

img
Sosialisasi peningkatan kapasitas Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) Program Sanimas di Pringsewu. Foto. Lis.

Harianmomentum.com--Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pringsewu mensosialisasikan tentang peningkatan kapasitas Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) Program Sanitasi Masyarakat (Sanimas).

Sosialisasi yang berlangsung di Hotel Regency, Gadingrejo, Senin (29-7-2019), itu dibuka oleh Bupati Pringsewu Sujadi. Diikuti para camat, ketua LKM,  dan ketua KPP program Sanimas.

Menghadirkan narasumber antara lain Tomy Wijaya dari Tenaga Ahli Manajemen Kabupaten Kota. Tampak hadir Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Pringsewu Ahmad Saefuddin, Kadis LKH Emil Riyadi.

Bupati Sujadi mengatakan sanimas merupakan salah satu program pembangunan daerah yang saat ini sedang digalakkan pemerintah, yang diimplementasikan langsung kepada masyarakat. 

Program tersebut bertujuan menciptakan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, baik individu maupun kelompok untuk turut berpartisipasi memecahkan berbagai permasalahan yang terkait pada upaya peningkatan kualitas kehidupan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Prioritas program ini berupa penyediaan sarana sanitasi dan peningkatan kapasitas masyarakat dan pemerintah. Yakni, Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) atau yang akrab disebut Ipal komunal,ujarnya

Bupati Pringsewu menambahkan, saat ini Pringsewu sedang menuju Kabupaten Sehat 2019. Oleh karena itu semuanya juga harus sehat dan yang paling penting diantaranya adalah masalah pengelolaan sampah. "Sampah ini bisa menjadi berkah dan juga bisa menjadi musibah, semuanya kembali kepada diri kita sendiri bagaimana upaya penanganan dan pengelolaannya,” imbuh Sujadi. (lis).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos