Percepat Pembangunan PLTSa, Pemprov Bentuk Pokja

img
Suasana rapat persiapan pembangunan PLTSa di Bappeda Provinsi Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mempercepat pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Percepatan pembangunan PLTSa itu dilakukan dengan cara membentuk kelompok kerja (pokja) serta melibatkan instansi terkait.

Pembentukan itu berlangsung saat rapat persiapan yang dipimpin Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat, Senin (19-8-2019).

Fahrizal menjelaskan hasil rapat tersebut disepakati rencana kerja bersama. terdapat lima pokja yang dibentuk guna percepatan pembangunan PLTSa: Pokja Lingkungan, Teknis Pengolahan Sampah, Ekonomi, Energi Listrik serta Kelembagaan dan Hukum.

"Pokja itu komposisinya dari satker terkait di Pemprov dan di luar. Karena PLTSa itu butuh air, jadi kita libatkan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Way Seputih - Sekampung," terangnya.

Dia menerangkan pokja tersebut nantinya berkoordinasi dengan BUMD dan mitrasnya untuk menyelesaikan Studi Kelayakan atau feasibility study (FS). 

"Ini kita susun FS dulu, setelah itu baru konstruksi. Jadi dari FS ini nanti kelihatan untuk tahap selanjutnya," ujar Fahrizal.

Dia menargetkan pada Oktober mendatang akan diketahui di mana lokasi yang tepat untuk membangun PLTSa. "FS ini yang akan menjawab di mana lokasinya. Rencana kita sekitar Oktober 2019 sudah ketahuan lokasinya," tuturnya. (adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos