KH Ghalib akan Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional

img
Coffee morning jajaran Pemkab Pringsewu yang digelar setiap Senin pagi. Foto. Lis.

MOMENTUM, Gadingrejo--Pemerintah Kabupaten Pringsewu akan mengusulkan almarhum KH Ghalib sebagai pahlawan nasional.

KH Ghalib yang dimakamkan di TPU KH Ghalib Kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu, merupakan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

"Almarhum Kiyai Ghalib layak menjadi pahlawan nasional," ujar Wakil Bupati Pringsewu Fauzi saat Coffe Morning Pemkab Pringsewu, Senin (21-10-2019) di Rumah Rest Area, Pekon Wates, Gadingrejo.

Karena itu, Fauzi meminta Dinas Sosial dan dinas terkait dapat menindaklanjuti, bagaimana prosedur untuk menetapkan sebagai pahlawan nasional.

Terhadap wacana penangkatan KH Ghalib sebagai pahlawan Nasional, menurut Kepala BPKAD Pringsewu Arif Nugroho, saat ini KH.Ghalib berstatus Pahlawan Daerah yang ditetapkan oleh Pemprov Lampung, sebelum Kabupaten Pringsewu berdiri.

Pada bagian lain, Wabup Fauzi meminta peringatan Hari Santri Nasional 2019 di Kabupaten Pringsewu yang ditandai dengan upacara dan kirab harus berlangsung meriah.

Pemkab Pringsewu harus mensupport dan berpartisipasi. "Begitu juga dengan Hari Sumpah Pemuda, juga harus betul-betul melibatkan para pemuda, di mana pemerintah daerah yang mengkoordinir," harapnya.

Fauzi meminta seluruh OPD dapat membawa program pemerintah pusat ke Pringsewu, kemudian menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dalam rangka lebih memacu percepatan pembangunan di Kabupaten Pringsewu.

Sebab Pringsewu dapat dijadikan lokasi khusus untuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) maupun penelitian para mahasiswa yang tentunya merupakan keuntungan tersendiri bagi Kabupaten Pringsewu ini.

Sementara Staf Ahli Bupati Pringsewu bidang Kemasyarakatan dan SDM yang juga Plt Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Zulfuad Zahari mengatakan pihaknya saat ini sedang persiapan peluncuran Pringsewu sebagai Kabupaten Literasi.

"Launching Pringsewu sebagai Kabupaten Literasi akan dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda,"ungkapnya.

Kabupaten Literasi akan dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda,"ungkapnya.

Hadir dalam rapat antara lain Asisten I Andi Wijaya, Asisten II Johndrawadi, staf ahli Zulfuad Zuhri serta dihadiri para kepala OPD di lingkup pemkab setempat. (lis).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos